Pemasaran Digital Tenun Songket Buleleng Bali

Authors

  • Putu Eka Dianita Marvilianti Dewi Akuntansi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Sintya Dewi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Partha Sindu Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Sugihartini Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6976

Keywords:

Tenun songket Buleleng, UMKM, Bali

Abstract

Kain tenun Songket khas Buleleng adalah kain tenun tradisonal Bali yang memiliki keunikan tersendiri, misalnya: benang yang digunakan adalah benang sutra dengan modifikasi benang emas, pewarna alami dari alam seperti pewarna dari tumbuh-tumbuhan, serta motif songket mencirikan kehidupan peradaban masyarakat dan alam Buleleng (Bali utara). Adapun yang menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian ini adalah kelompok pengrajin kain songket desa penglatan dengan jumlah anggota 15 orang. Permasalahan yang dialami mitra adalah: Mitra belum melakukan pemasaran yang baik. Proses penjualan kain songket masih dilakukan dengan cara-cara konvensional, yakni pembeli datang langsung ke rumah pengrajin, Mitra belum memiliki pengetahuan tentang digital marketing, perencanaan bisnis, manajemen keuangan, manajemen usaha, time manajemen, Mitra belum melakukan inovasi usaha, seperti: pengemasan produk dengan kotak eksklusif, membuat turunan produk songket, menjalin kerjasama dengan pemda ataupun pihak swasta setempat agar menjadikan kain songket khas buleleng sebagai cinderamata. Adapun solusi yang akan dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu: Melakukan Digital marketing, meliputi: Membuatkan logo usaha, website, account social media di facebook/instagram, Mendaftarkan usaha di marketplace ternama, Membuat produk inovasi turunan songket khas Buleleng, pembuatan nota, pembuatan kartu nama, pembuatan kemasan eksklusif, pembuatan banner untuk kegiatan pameran, pembuatan cap usaha, pembuatan brosur, membuat buku profile, Melakukan pelatihan manajemen produksi, Pelatihan SDM, Pelatihan pembuatan business plan, Pelatihan Manajemen bisnis, Pelatihan pembukuan. Metode yang akan digunakan: persiapan, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, FGD, dan evaluasi. Kegiatan ini telah menghasilkan website dengan alamat https://songketbuleleng.com.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Dewi, P. E. D. M., Dewi, K. S., Sindu, I. G. P., & Sugihartini, N. (2023). Pemasaran Digital Tenun Songket Buleleng Bali . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3611–3622. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6976

Issue

Section

Articles