Pelatihan Penggunaan Reels Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6975Abstract
Teknologi telah mengalami perkembangan yang sangat signifikan, mengubah paradigma masyarakat menjadi lebih konsumtif dalam menyampaikan dan mencari informasi. Dalam bidang pendidikan, perlu adanya penyesuaian dengan perkembangan teknologi agar proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menarik, terutama untuk memenuhi kegemaran milenial sebagai peserta didik. Sementara itu, penggunaan media sosial, terutama Instagram, oleh siswa masih terbatas pada hiburan dan komunikasi tanpa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan pelatihan penggunaan media pembelajaran digital, khususnya melalui fitur Reels Instagram. Reels, dengan durasi video satu menit, dapat dijadikan alat kreatif untuk menyampaikan materi pembelajaran secara singkat dan menarik. Melalui pelatihan ini, diharapkan guru dapat lebih melek teknologi dan inovatif dalam menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan kegemaran siswa. Pelaksanaan kegiatan PKM di SMP AL Irsyad Kota Ternate melibatkan beberapa tahapan yang berhasil diselesaikan dengan baik. Antusiasme dan dukungan dari mitra, terutama guru-guru, sangat tinggi, menunjukkan bahwa kegiatan ini dianggap positif dan bernilai. Pelatihan menggunakan Reels Instagram dalam pembelajaran diharapkan dapat membuka ruang kreativitas bagi gurudan siswa, meningkatkan motivasi belajar, serta memberikan penyegaran ilmu dan wawasan. Pemanfaatan Reels Instagram, sebagai alat pembelajaran dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di era digital dan merespons tuntutan program Merdeka Belajar.
Keywords:
Reels Instagram, media digital, pelatihanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asriani Asriani Thahir, Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work