Peningkatan Model Kompetensi Praktik Pembelajaran Profesional Pendidik PAUD di Desa Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang

Authors

  • Perdana Afif Luthfy Universitas PGRI Semarang
  • Muniroh Munawar Universitas PGRI Semarang
  • Yuris Setyoadi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.6861

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan model kompetensi praktik pembelajaran profesional Pendidik PAUD di Desa Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. HIMPAUDI sebagai salah satu bentuk komunitas belajar bekerja sama dengan tim dosen Universitas PGRI Semarang melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mencoba memfasilitasi pendidik untuk memahami Capaian Pembelajaran khususnya literasi STEAM pada fase fondasi (PAUD). Berdasarkan hasil riset Sandholtz & Ringstaff (2011), masalah yang terjadi berkaitan dengan literasi STEAM antara lain: (1) Pendidik kurang memiliki pengetahuan konten STEAM yang memadai dan merasa tidak siap untuk mengajarkan konten STEAM, (2) Pendidik underestimate kemampuan anak usia dini pada kegiatan terintegrasi STEAM, (3) Pendidik tidak memberikan kegiatan yang menantang untuk anak berpikir  dan terlibat dengan konten STEAM, tapi hanya sekedar hafalan. Namun, mulai tahun 2020 penerapan pendekatan STEAM pada jenjang PAUD di Indonesia masih dalam tahap perkembangan dan belum secara luas diterapkan di seluruh sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa inhouse training pendidik PAUD di Desa Munding, HIMPAUDI Desa Munding mengorganisir peserta termasuk alat dan bahan pelatihan, sedangkan Tim Dosen UPGRIS bertugas sebagai fasilitator dalam pelatihan. Peserta diajarkan bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan STEAM sesuai dengan capaian pembelajaran di akhir fase fondasi (PAUD). Oleh karena itu, luaran yang diharapkan adalah pendidik PAUD memperoleh pemahaman bagaimana perencanaan dan pelaksanaan Pembelajaran dengan pendekatan STEAM.

Keywords:

Model Kompetensi, Praktik Pembelajaran Profesional, Pendidik PAUD

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 30
Downloads Count: 58

Published

2024-01-16

How to Cite

Luthfy, P. A., Munawar, M., & Setyoadi, Y. (2024). Peningkatan Model Kompetensi Praktik Pembelajaran Profesional Pendidik PAUD di Desa Munding Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 818–825. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.6861

Issue

Section

Articles