Menumbuhkan Kemandirian Belajar Bahasa Arab Remaja: Pendampingan Komunitas Rohis SMA di Pacitan dalam Pembelajaran Kolaboratif
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6843Abstract
Pendidikan bahasa Arab di kalangan remaja sering kali menghadapi tantangan dalam memotivasi siswa untuk belajar secara mandiri dan kolaboratif. Artikel ini mendokumentasikan sebuah program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar bahasa Arab di kalangan remaja melalui pendampingan komunitas. Program ini berfokus pada peningkatan kelangsungan belajar bahasa Arab di kalangan remaja melalui pendampingan komunitas Rohis SMA di Pacitan, menekankan kegiatan pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Dengan menggabungkan lokakarya, diskusi kelompok, dan proyek kolaboratif, program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi remaja untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab mereka secara mandiri sambil membina koneksi sosial dalam masyarakat. Pendekatan ini sejalan dengan prinsip-prinsip pedagogi bahasa kritis, mendorong partisipasi siswa yang aktif, praktik literasi yang menimbulkan masalah, dan pengembangan metakognitif, yang pada akhirnya meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan bagi pelajar bahasa Arab muda.
Keywords:
Kemandiarian Belajar, Bahasa Arab, Komunitas RohisDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmadi Ahmadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work