Menumbuhkan Kemandirian Belajar Bahasa Arab Remaja: Pendampingan Komunitas Rohis SMA di Pacitan dalam Pembelajaran Kolaboratif

Authors

  • Ahmadi Ahmadi Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6843

Abstract

Pendidikan bahasa Arab di kalangan remaja sering kali menghadapi tantangan dalam memotivasi siswa untuk belajar secara mandiri dan kolaboratif. Artikel ini mendokumentasikan sebuah program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian belajar bahasa Arab di kalangan remaja melalui pendampingan komunitas. Program ini berfokus pada peningkatan kelangsungan belajar bahasa Arab di kalangan remaja melalui pendampingan komunitas Rohis SMA di Pacitan, menekankan kegiatan pembelajaran kolaboratif untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Dengan menggabungkan lokakarya, diskusi kelompok, dan proyek kolaboratif, program ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi remaja untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab mereka secara mandiri sambil membina koneksi sosial dalam masyarakat. Pendekatan ini sejalan dengan prinsip-prinsip pedagogi bahasa kritis, mendorong partisipasi siswa yang aktif, praktik literasi yang menimbulkan masalah, dan pengembangan metakognitif, yang pada akhirnya meningkatkan pengalaman belajar secara keseluruhan bagi pelajar bahasa Arab muda.

Keywords:

Kemandiarian Belajar, Bahasa Arab, Komunitas Rohis

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 155
Downloads Count: 234

Published

2023-10-31

How to Cite

Ahmadi, A. (2023). Menumbuhkan Kemandirian Belajar Bahasa Arab Remaja: Pendampingan Komunitas Rohis SMA di Pacitan dalam Pembelajaran Kolaboratif . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3627–3643. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6843

Issue

Section

Articles