Peningkatan Pemahaman Penggunaan Leksikal dalam Menulis Teks bagi Siswa SMP Negeri 18 Palu
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6737Abstract
Kegiatan pengabdian dengan judul Peningkatan Pemahaman Penggunaan Leksikal dalam Menulis Teks Bahasa Inggris dilaksanakan pada siswa SMP Negeri 18 Palu karena mereka mengalami banyak kesulitan dalam menulis teks. Sementara itu, salah satu skill yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris adalah menulis teks singkat dan fungsional . Adapun kesulitan-kesulitan yang mereka alami adalah kurangnya penguasaan kosakata, sulitnya membedakan jenis dan fungsi kelas kata, kesulitan membuat kalimat nominal, dominannya mencari, memilih dan menerjemahkan kata secara harfiah tanpa melihat konteks penggunaan kata, memilih item yang salah atau tidak sesuai dari beberapa padanan bahasa kedua dari kata yang sama; serta kesalahan dalam memilih kelas kata . Oleh karena itu dengan adanya permasalahan ini maka Tim melaksanakan kegiatan pengabdian dengan tujuan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait bagaimana menyusun kalimat dengan pendekatan jenis dan funsi kata serta bagaimana menggunakan leksikal yang tepat berdasarkan konteks dimana leksikal item/kata itu digunakan. Adapun tahapan –tahapan pelaksanaannya meliputi (1) Pemberian Stimulus, (2) Interaktif Presentasi, (3) Interaktif Diskusi, (4) Pelatihan menulis, serta (5) Feedback dan Refleksi. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman penggunaan leksikal siswa meningkat. Ini dibuktikan dengan siswa dapat membedakan dan menjelaskan fungsi dari kata dalam kalimat yang disajikan, siswa dapat membuat kalimat nominal dengan tepat dan siswa dapat menulis teks berdasarkan topik yang disediakan
Keywords:
Fungsi, Kelas kata, Kalimat, Penggunaan, TeksDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Afrillia Anggreni, Siska Bochari, Maf’ulah, Sukmawati Sadilia, Aminah Suriaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work