Peningkatan Pemahaman Penggunaan Leksikal dalam Menulis Teks bagi Siswa SMP Negeri 18 Palu

Authors

  • Afrillia Anggreni Universitas Tadulako
  • Siska Bochari Universitas Tadulako, Indonesia
  • Maf’ulah Universitas Tadulako, Indonesia
  • Sukmawati Sadilia Universitas Tadulako, Indonesia
  • Aminah Suriaman Universitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6737

Abstract

Kegiatan pengabdian dengan judul Peningkatan Pemahaman Penggunaan Leksikal dalam Menulis Teks Bahasa Inggris dilaksanakan pada siswa SMP Negeri 18 Palu karena mereka mengalami banyak kesulitan dalam menulis teks.  Sementara itu, salah satu skill yang diajarkan dalam mata pelajaran Bahasa Inggris adalah menulis teks singkat dan fungsional . Adapun kesulitan-kesulitan yang mereka alami adalah kurangnya penguasaan kosakata, sulitnya membedakan jenis dan fungsi kelas kata, kesulitan membuat kalimat nominal, dominannya mencari, memilih dan menerjemahkan kata secara harfiah tanpa melihat konteks penggunaan kata, memilih item yang salah atau tidak sesuai dari beberapa padanan bahasa kedua dari kata yang sama; serta kesalahan dalam memilih kelas kata . Oleh karena itu dengan adanya permasalahan ini maka Tim melaksanakan kegiatan pengabdian dengan tujuan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terkait bagaimana menyusun kalimat dengan pendekatan jenis dan funsi kata serta bagaimana menggunakan leksikal yang tepat berdasarkan konteks dimana leksikal item/kata itu digunakan. Adapun tahapan –tahapan pelaksanaannya meliputi (1) Pemberian Stimulus, (2) Interaktif Presentasi, (3) Interaktif Diskusi, (4) Pelatihan menulis, serta (5) Feedback dan Refleksi. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman penggunaan leksikal siswa meningkat. Ini dibuktikan dengan siswa dapat membedakan dan menjelaskan fungsi dari kata dalam kalimat yang disajikan, siswa dapat membuat kalimat nominal dengan tepat dan siswa dapat menulis teks berdasarkan topik yang disediakan

Keywords:

Fungsi, Kelas kata, Kalimat, Penggunaan, Teks

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 89
Downloads Count: 89

Published

2023-10-05

How to Cite

Anggreni, A., Bochari, S., Maf’ulah, M., Sadilia, S., & Suriaman, A. (2023). Peningkatan Pemahaman Penggunaan Leksikal dalam Menulis Teks bagi Siswa SMP Negeri 18 Palu. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2965–2971. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6737

Issue

Section

Articles