Pengenalan Alat Core Flooding pada Siswa Program Studi Teknik Pemboran Minyak SMK Bina Harapan Yogyakarta

Authors

  • Lia Yunita Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
  • HB. Sukarjo Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
  • Sari Wulandari Hafsari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6717

Abstract

Proses pembelajaran di SMK program studi Teknik pemboran diperkenalkan alat Core Flooding dalam upaya peningkatan pemahaman mengenai sifat fisik batuan reservoir yang berkaitan dengan Enhached Oil Recovery (EOR). EOR merupakan perolehan minyak tahap lanjut dengan cara menginjeksikan suatu zat yang berasal dari salah satu atau beberapa metode pengurasan yang menggunakan energi luar reservoir. Pengertian Core adalah sampel atau contoh batuan yang diambil dari bawah permukaan. Kegiatan pengambilan core dilakukan pada saat pemboran. Tujuan pengabdian adalah memberikan pelatihan kepada siwa SMK program studi Teknik Pemboran dengan memberikan gambaran mengenai mekanisme pendesakan didalam batuan reservoir pada proses injeksi fluida di Enhached Oil Recovery. Metode yang digunakan dengan melakukan pelatihan dengan alat core flooding. Evaluasi keberhasilan program dilakukan dengan mengadakan pretes dan posttes adanya alat core flooding. Sasaran pengabdian yaitu SMK Bina Harapan Prodi Teknik Pemboran Minyak dan Gas Bumi kelas XI dan XII semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Pemahaman siswa meningkat  dari sebelum pelatihan alat core flooding yaitu 5 siswa (29,4 %) meningkat menjadi 16 siswa (94 %) dari 17 siswa setelah adanya pelatihan alat core flooding.

Keywords:

Pelatihan, Core Flooding, Siswa, SMK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 311
Downloads Count: 307

Published

2023-10-19

How to Cite

Yunita, L., Sukarjo, H., & Hafsari, S. W. (2023). Pengenalan Alat Core Flooding pada Siswa Program Studi Teknik Pemboran Minyak SMK Bina Harapan Yogyakarta . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 3344–3349. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6717

Issue

Section

Articles