PKM Kelompok Mutiara Nepo Melalui Perbaikan Tata Kelola, Pemasaran, Dan Diversifikasi Produk Perikanan dengan Pendekatan Sibaliparri

Authors

  • Haeruddin Hafid Universitas Sulawesi Barat
  • Sri Amalia Edy Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Fadillah Fakultas Peternakan dan Perikanan, Universitas Sulawesi Barat
  • Nur Hidayah Fakultas Ekonomi Universitas Sulawesi Barat
  • Rahmat Januar Noor Universitas Sulawesi Barat

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6713

Abstract

Sibaliparri merupakan bentuk kerja sama antara suami dan istri dalam menjalankan rumah tangga baik permasalahan sosial (mengurus dan mendidik anak) serta permasalahan ekonomi (seperti pemenuhan kebutuhan hidup).  Kelompok Mutiara Nepo merupakan Masyarakat nelayan yang belum optimal dalam memanfaatkan potensi sumber daya khususnya pada hasil tangkapan ikan. Salah satu potensi yang diabaikan adalah hasil tangkapan berupa ikan non target (tangkapan sampingan dan buangan) seperti ikan layur dan ikan tembang. Mayoritas hasil tangkapan non target berakhir pada produk berupa ikan kering yang dijual pada pasar lokal. Tujuan kegiatan program kemitraan masyarakat yang dilakukan yaitu : 1) meningkatkan motivasi usaha anggota mitra, 2) melakukan diversifikasi produk perikanan, 3) meningkatkan akses pemasaran. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, pelatihan pembuatan produk dan pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah adanya peningkatan motivasi usaha khususnya istri dari anggota mitra serta tata kelola kelompok mitra, diversifikasi produk perikanan sebanyak 3 produk (abon, bakso, nugget), dan tersedianya akun media sosial milik mitra untuk memasarkan produknya.

Keywords:

Diversifikasi produk perikanan, Kelompok nelayan, Pemasaran online

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 152
Downloads Count: 145

Published

2023-10-04

How to Cite

Hafid, H., Edy, S. A., Fadillah, N., Hidayah, N., & Noor, R. J. (2023). PKM Kelompok Mutiara Nepo Melalui Perbaikan Tata Kelola, Pemasaran, Dan Diversifikasi Produk Perikanan dengan Pendekatan Sibaliparri . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2930–2937. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6713

Issue

Section

Articles