Pendekatan Inspirasi: Pengenalan Jenis Profesi Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Masa Depan Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Achmad Farid Dedyansyah INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS AHMAD DAHLAN LAMONGAN
  • Muhammad Sulton INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS AHMAD DAHLAN LAMONGAN
  • Purnomo Wibowo INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS AHMAD DAHLAN LAMONGAN
  • Ummu Sya’adah INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS AHMAD DAHLAN LAMONGAN
  • Devina Januasih Saputri INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS AHMAD DAHLAN LAMONGAN
  • Wahyu Tri Fajariyanto INSTITUT TEKNOLOGI DAN BISNIS AHMAD DAHLAN LAMONGAN

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6707

Keywords:

Service Learning, Pancasila, Jenis Profesi

Abstract

Maraknya penurunan motivasi siswa sekolah dasar tentang pemilihan cita-cita profesi di masa depan akibat pengaruh media sosial seperti instagram dan tiktok. Pemilihan cita-cita di sekolah dasar perlu ditingkatkan lagi agar tujuan dasar negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa bisa terwujud. Terwujudnya tujuan negara tersebut perlu didukung program-program kecil seperti sosialisasi dan pengabdian secara langsung ke sekolah dasar. Adapun tujuan pengabdian ini untuk menumbukan sikap motivasi siswa untuk memilih profesi sesuai dengan tujuan negara yang dilandaskan Pancasila. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan di SDN 1 Sidomukti Kabupaten Lamongan dengan peserta usia 6-11 tahun. Tahapan pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode service learning yang terbagi kedalam 4 tahapan yaitu engagement (merangkul), reflection (refleksi), reciprocity (timbal balik), dan public dissemination (penyebaran ke publik).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-10-04

How to Cite

Dedyansyah, A. F., Sulton, M., Purnomo Wibowo, Ummu Sya’adah, Devina Januasih Saputri, & Wahyu Tri Fajariyanto. (2023). Pendekatan Inspirasi: Pengenalan Jenis Profesi Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Membangun Masa Depan Siswa Sekolah Dasar . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2917–2923. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6707

Issue

Section

Articles