IMPLEMENTASI RULES (RUMAH LES) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI DESA CITAPEN
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6642Keywords:
Pendidikan, Motivasi Belajar, Rumah Belajar, Sekolah DasarAbstract
Rules (Rumah Les) merupakan salah satu program pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STKIP Muhammadiyah Kuningan di Desa Citapen Kecamatan Hantara Kabupaten Kuningan tahun 2023. Program ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak serta sebagai sarana atau wadah dalam membangun kemampuan dan minat bakat anak, membantu anak yang kesulitan dalam memahami pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan keterampilan calistung. Sementara itu, bagi mahasiswa tujuan dari program ini yaitu dapat mengimplementasikan teori atau ilmu selama masa perkuliahan. Program ini berlangsung selama tiga minggu dan dilaksanakan setiap hari Selasa dan Rabu. Sasaran dari program rules yaitu anak-anak Sekolah Dasar. Adapun metode yang digunakan dalam program rumah les yaitu sosialisasi dan training. Program ini memiliki beberapa tahapan sebagai berikut diantaranya observasi, perencanaan dan perancangan konsep program, koordinasi dan diskusi program, pelaksanaan program serta evaluasi program. Hasil dari program kerja rules tersebut mampu meningkatkan motivasi belajar anak, hal ini terlihat dengan adanya antusias anak dalam mengikuti program rules dan dapat memicu minat anak dalam mengembangkan potensi akademis.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ine Heriyanni, Ahmad Fajri Lutfi, Hilda Aulia Wahyudin, Wulan Junengsih, Lina Maulina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work