Penguatan Peran Front Office dan Customer Service Dalam Pelayanan Rumah Sakit Melalui Pelatihan Service Excellence
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6624Abstract
Era modern dan terbukanya informasi membuat masyarakat semakin kritis terhadap pelayanan kesehatan yang didapatkan. Rumah Sakit merupakan institusi pelayanan kesehatan yang wajib memberikan pelayanan bermutu, terpadu, tidak diskriminatif dan berkeadilan. Pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan service excellence merupakan salah upaya dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien. Tujuan pengabdian ini yaitu meningkatkan peran front office dan customer service dalam pemberian layanan kesehatan melalui pelatihan service excellence Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang. Sasaran pengabdian yaitu 185 karyawan front office dan customer service Rumah Sakit Sentra Medika Cikarang. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu pendidikan masyarakat dan pelatihan. Hasil pretest dan posttest menunjukkan skor pengetahuan karyawan meningkat dari awalnya mayoritas mendapatkan nilai antara 26-75 menjadi 51-100. Hasil wawancara dan observasi sikap karyawan menunjukkan komitmen dan antusiasme yang baik. Hasil penilaian keterampilan menggunakan rubrik penilaian menunjukkan bahwa keterampilan karyawan setelah mendapatkan pelatihan tergolong “baik” dengan nilai rata-rata diatas 3,5 (skala 1-5). Sosialisasi, edukasi dan pelatihan service excellence terbukti efektif meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan front office dan customer service dalam memberikan prima bagi pasien. Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi solusi efektif peningkatan kepuasan dan loyalitas pasien terhadap Rumah sakit Sentra Medika Cikarang.
Keywords:
pelatihan, service excellence, pelayanan prima, rumah sakitDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anom Dwi Prakoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work