Pelatihan Pemasaran Online Serta Penggunaan Platform Market Place Bagi UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6587Keywords:
pemasaran online, market place, volume penjualanAbstract
Di tengah berkembangnya internet yang semakin maju, maka UMKM perlu menyesuaikan diri agar dapat bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Tujuan dari kegiatan ini bagi dua UMKM yang menjadi sasaran adalah adanya pengetahuan yang baru mengenai pemasaran secara online sehingga bisa praktik melakukan penjualan produk unggulannya secara online dengan harapan volume penjualan dapat meningkat. Kegiatan pelatihan ini diberikan kepada pelaku UMKM yang ada di Kota Tasikmalaya dengan harapan dapat membantu meningkatkan volume penjualan produknya. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mengikuti aktivitas perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan dilaksanakan pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2023 di Baso Aci Garut Jalan BKR Tasikmalaya. Peserta pelatihan adalah pelaku UMKM di Kota Tasikmalaya. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian yang dilaksanakan adalah bahwa kegiatan berjalan dengan lancar mulai dari awal sampai akhir kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian mendapat respon positif dari peserta pelatihan hal ini dapat terlihat dari hasil kusioner yang memberikan gambaran bahwa respon siswa positif. Saran dari kegiatan ini adalah perlu adanya kegiatan lanjutan untuk mengevaluasi sejauh mana kegiatan yang dilakukan oleh peserta dalam menerapkan penjualan barang secara online
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ati Rosliyati, Yusuf Abdullah, Zulfikar Noormansyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work