Peningkatan Kompetensi Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Bagi Guru-guru Bahasa Indonesia Kabupaten Cianjur
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6446Abstract
diajarkan tetapi juga literasi teknologi dan computational thinking. Dua keterampilan (literasi teknologi dan computational thinking) tersebut dapat dilatihkan kepada guru melalui pembiasaan merancang media pembelajaran menggunakan aplikasi berbasis pemrograman sederhana. Scratch adalah platform pemrograman sederhana yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mempelajari pemrograman meskipun tidak memiliki dasar ilmu pemrograman sebelumnya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan platform Scratch. Kegiatan ini dilakukan secara luring dengan melibatkan beberapa guru Bahasa Indonesia yang ada di Kabupaten Cianjur dan tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Berdasarkan hasil umpan balik yang diberikan peserta, kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan berjalan dengan baik. Adanya antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan, peningkatan keterampilan peserta dalam menggunakan Scratch, tumbuhnya motivasi untuk membuat media pembelajaran menggunakan Scratch, dan meningkatnya keterampilan computational thinking para peserta menjadi indikator keberhasilan kegiatan pengabdian ini.
Keywords:
Kompetesi, Media Pembelajaran, ScratchDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sharfuddin Tajuddin, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas, Ihwan Rahman Bahtiar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work