Peningkatan Kompetensi Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Bagi Guru-guru Bahasa Indonesia Kabupaten Cianjur

Authors

  • Sharfuddin Tajuddin Universitas Negeri Jakarta
  • Novi Anoegrajekti Universitas Negeri Jakarta
  • Siti Gomo Attas Universitas Negeri Jakarta
  • Ihwan Rahman Bahtiar Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6446

Abstract

diajarkan tetapi juga literasi teknologi dan computational thinking. Dua keterampilan (literasi teknologi dan computational thinking) tersebut dapat dilatihkan kepada guru melalui pembiasaan merancang media pembelajaran menggunakan aplikasi berbasis pemrograman sederhana. Scratch adalah platform pemrograman sederhana yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mempelajari pemrograman meskipun tidak memiliki dasar ilmu pemrograman sebelumnya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan platform Scratch. Kegiatan ini dilakukan secara luring dengan melibatkan beberapa guru Bahasa Indonesia yang ada di Kabupaten Cianjur dan tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Berdasarkan hasil umpan balik yang diberikan peserta, kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan berjalan dengan baik. Adanya antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan, peningkatan keterampilan peserta dalam menggunakan Scratch, tumbuhnya motivasi untuk membuat media pembelajaran menggunakan Scratch, dan meningkatnya keterampilan computational thinking para peserta menjadi indikator keberhasilan kegiatan pengabdian ini.

Keywords:

Kompetesi, Media Pembelajaran, Scratch

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 137
Downloads Count: 148

Published

2023-10-02

How to Cite

Sharfuddin Tajuddin, Novi Anoegrajekti, Siti Gomo Attas, & Ihwan Rahman Bahtiar. (2023). Peningkatan Kompetensi Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Scratch Bagi Guru-guru Bahasa Indonesia Kabupaten Cianjur. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 2549–2599. https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.6446

Issue

Section

Articles