PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA NEW NORMAL: IDENTIFIKASI DAN SOLUSI PERMASALAHAN PSIKOLOGIS ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KEPADA GURU-GURU SD NEGERI JOHO 2 SUKOHARJO

Abstract Views : 829 / Downloads Count: 740

Authors

  • Eny Kusumawati UTP Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.630

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Identifikasi dan Permasalahan Psikologi Siswa, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Penerapan pembelajaran jarak jauh ataupun tatap muka di era normal baru pendidikan memiliki implikasi psikologis kepada siswa. Diperlukan dukungan orangtua, guru, dan sesama teman pergaulan agar siswa tidak stres. Namun, secara psikologis, hal yang membuat peserta survei merasakan hal yang negatif adalah adanya pengurangan penguasaan materi selama PJJ. Siswa, khususnya, paling terdampak selama PJJ. Mereka harus penyesuaian akademis, interaksi sosial terbatas, dan kemungkinan perasaan negatif. Aspek-aspek psikologis yang timbul seperti itu tidak bisa dibiarkan. Ketidakteraturan dan ketiadaan alat ukur PJJ, seperti belum terbitnya kurikulum dan penyederhanaan kompetensi dasar, semakin membawa dampak negatif kepada siswa. Misalnya, kemampuan akademik mereka turun. Penanganan stres kepada siswa diperlukan. Siswa perlu dibekali kemampuan untuk mengenali emosi diri guna menjamin kesejahteraan psikologisnya selama menjalani PJJ. Guru dituntut untuk dapat membantu siswa menangani stress karena pelajaran jarak jauh (pjj). Pendampingan kepada guru dalam identifikasi dan solusi permasalahan psikologis anak selama pembelajaran jarak jauh (pjj) memberikan penjelasan dan pandangan mengenai pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang baik sehingga tidak menimbulkan masalah psikologis bagi siswa serta guru diberi gambaran sehingga mampu mengidentifikasikan masalah apa saja yang dialami siswa pada masa pembelajaran jarakjauh (PJJ).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-02

How to Cite

Kusumawati, E. (2021). PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA NEW NORMAL: IDENTIFIKASI DAN SOLUSI PERMASALAHAN PSIKOLOGIS ANAK SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KEPADA GURU-GURU SD NEGERI JOHO 2 SUKOHARJO. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 87–90. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1.630

Issue

Section

Articles