PENTINGNYA LITERASI KEKERASAN BERBASIS GENDER PADA PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i4.5955Abstract
Kekerasan pada perempuan yang masif membuat ruang gerak perempuan terbatas dan hidup dalam keadaan psikis yang terancam. Kontruksi gender yang mensubordinasikan pihak perempuan merupakan akar dari fenomena tersebut. Posisi yang rapuh secara sosial tersebut membuat kehidupan perempuan tidak pernah didengarkan, perempuan dibungkam secara sosial. Tren meningkatnya kekerasan sesksual pada anak di kabupaten Bantul Daerah Istimewa yogyakarta selama pandemi semakin menunjukkan kebenaran dari tesis tersebut. Oleh karena hal tersebut penulis menargetkan remaja sebagai sasaran pengabdian dan juga memilih Desa Timbulharjo yang terletak di kabupaten Bantul sebagai lokasi pengabdian. Target pada pengabdian ini adalah memberikan pemahaman tentang bahaya kekerasan berbasis gender pada perempuan agar dapat memutus angka kekerasan pada perempuan yang masif. pengabdian ini menggunakan metode reflesi, ceramah, simulasi, dan diskusi terkait literasi gender
Keywords:
Literasi, Gender, Kekerasan, RemajaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bagus Ajy Waskyto Sugiyanto, Latifa Zahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work