Sosialisasi Pendekatan Secara Langsung Kepada Produsen di Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Authors

  • Nelva Siskawati Universitas Islam Indragiri
  • Nurrisky Rima Maharani
  • Rizki Dandi Universitas Islam Indragiri, Indragiri Hilir, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5949

Abstract

Pasar dalam ekonomi dikatakan sebagai tempat bertemunya produsen dan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli atas dasar kesepakatan yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan di dalam pasar. Pasar di kelompokkan menjadi dua jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna memiliki kemampuan yang cukup besar dalam mempengaruhi harga pasar dan outputnya sehingga di bagi dalam beberapa bentuk yaitu pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar monopolistik. Sedangkan pasar persaingan sempurna tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga di karenakan  suatu produk dalam pasar persaingan sempurna mengikuti atas dasar harga yang berlaku, contohnya cenderung kepada pasar tradisional atau pasar yang menjual bahan pangan dan kebutuhan pokok sehari-hari. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini memberikan efek positif dari keberadaan peran akademisi untuk membangun kedekatan secara langsung terhadap pelaku kegiatan ekonomi di pasar,serta menambah pemahaman baik dari sisi sebagai mahasiswa/i ataupun dari sisi produsen dan konsumen tentang pengetahuan lebih luas secara praktek langsung mengenai pasar tersebut

Keywords:

Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 2981
Downloads Count: 3075

Published

2023-07-19

How to Cite

Siskawati, N., Maharani, N. R., & Dandi, R. (2023). Sosialisasi Pendekatan Secara Langsung Kepada Produsen di Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2183–2189. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5949

Issue

Section

Articles