Sosialisasi Pendekatan Secara Langsung Kepada Produsen di Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5949Abstract
Pasar dalam ekonomi dikatakan sebagai tempat bertemunya produsen dan konsumen dalam melakukan transaksi jual beli atas dasar kesepakatan yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan di dalam pasar. Pasar di kelompokkan menjadi dua jenis yaitu pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna. Pasar persaingan tidak sempurna memiliki kemampuan yang cukup besar dalam mempengaruhi harga pasar dan outputnya sehingga di bagi dalam beberapa bentuk yaitu pasar monopoli, pasar oligopoli dan pasar monopolistik. Sedangkan pasar persaingan sempurna tidak memiliki kemampuan untuk mempengaruhi harga di karenakan suatu produk dalam pasar persaingan sempurna mengikuti atas dasar harga yang berlaku, contohnya cenderung kepada pasar tradisional atau pasar yang menjual bahan pangan dan kebutuhan pokok sehari-hari. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini memberikan efek positif dari keberadaan peran akademisi untuk membangun kedekatan secara langsung terhadap pelaku kegiatan ekonomi di pasar,serta menambah pemahaman baik dari sisi sebagai mahasiswa/i ataupun dari sisi produsen dan konsumen tentang pengetahuan lebih luas secara praktek langsung mengenai pasar tersebut
Keywords:
Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Persaingan Tidak SempurnaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nelva Siskawati, Nurrisky Rima Maharani, Rizki Dandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work