Edukasi Tentang Sampah Plastik Sebagai Implementasi Penguatan Kurikulum Merdeka di SD Inpres Pangu Kecamatan Ratahan

Authors

  • Paulus Tuerah Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara
  • Shelty Sumual Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara
  • Laura Sumampouw Universitas Negeri Manado
  • Meylan Rumengan Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara
  • Elce Gina Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5734

Keywords:

Kurikulum merdeka, lingkungan hidup, sampah plastik

Abstract

Abstrak Kurikulum Merdeka merupakan suatu terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan guna menyiapkan sumber daya manusia yang siap menjawab tantangan masa depan. Dalam Kurikulum Merdeka, bukan hanya kecerdasan yang diutamakan namun juga karakter sesuai nilai nilai Pancasila. Salah satu ciri utama pelajar Pancasila adalah kreatif. Implementasi merdeka belajar pada tingkat sekolah dasar dengan pembelajaran melalui kegiatan projek memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual seperti kebersihan lingkungan dan pemanfaatan sampah plastik. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa mengenai persoalan sampah dan pengolahan sampah plastic secara sederhana, sebagai implementasi dari kurikulum merdeka.  Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas V SD Inpres Pangu Kecamatan Ratahan dan didampingi sebagian guru. Metode pelaksanaan terdiri dari survey awal, penyuluhan dan praktek pembuatan ornamen dari sampah botol plastik. Hasil kegiatan menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan siswa tentang sampah dan lingkungan hidup dan terjadi peningkatan  keterampilan pembuatan ornament sekolah dari bahan sampah botol plastik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Tuerah, P., Sumual, S., Sumampouw, L., Rumengan, M., & Gina, E. (2023). Edukasi Tentang Sampah Plastik Sebagai Implementasi Penguatan Kurikulum Merdeka di SD Inpres Pangu Kecamatan Ratahan . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2221–2226. https://doi.org/10.31949/jb.v4i3.5734

Issue

Section

Articles