Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Berbasis Garden Based Learning (GBL) di SD GKST 1 Poso
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.5474Abstract
Berkebun merupakan aktivitas yang dapat menyediakan berbagai bentuk keterlibatan bagi anak usia sekolah dasar, seperti merancang, menanam, dan memelihara taman; memanen, menyiapkan berbagi makanan; bekerja secara kooperatif dalam kelompok; belajar tentang ilmu pengetahuan dan gizi; dan menciptakan seni dan cerita yang terinspirasi oleh taman. Kegiatan pengabdian dikhususkan pada pembelajaran luar kelas menerapkan strategi Garden Based Learning (GBL). Metode yang digunakan adalah penyuluhan dan pelatihan. Mitra dari kegiatan ini adalah Sekolah Dasar GKST 1 Poso. Metode pelaksanaan memperkenalkan wadah dari bahan bekas non-organik sebagai wadah tanam dan bahan-bahan dari limbah pertanian sebagai media tanam kepada siswa SD GKST 1 Poso. Selain itu, dalam PKM ini juga di perkenalkan media tanam non-tanah (hydroponik) sebagai wadah tanam. Semua kegiatan bermanfaat sebagai media pembelajaran bagi peserta didik di sekolah dasar khususnya materi Sub-Tema Alam Sekitar. Sebagian besar siswa SD dalam program PKM ini hanya mengetahui media tanah sebagai tempat menanam tanaman dan hanya satu siswa yang mengetahui media air sebagai media tanam sebelum dilakukan kegiatan. Setelah kegiatan selesai, menjadi memahami berbagai cara bercocok tanam.
Keywords:
Berkebun, bercocok-tanam, anak-sekolahDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Abdul Rahim Saleh, Stevina F Badjalabua, Dilsa Kris Harlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work