PENGUATAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA MATEMATIKA PERMAINAN DI SDN CIKUDA JATINANGOR

Abstract Views : 372 / Downloads Count: 412

Authors

  • Edi Kurniadi Department of Mathematics of FMIPA of Universitas Padjadjaran
  • Nurul Gusriani
  • Betty Subartini
  • Herlina Napitupulu Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.535

Keywords:

alat pembelajaran matematika, aritmatika, problem solving

Abstract

Dalam artikel ini, didiskusikan bagaimana memotivasi siswa-siswa sekolah dasar khususnya para siswa di SDN Cikuda Jatinangor dalam memahami konsep matematika melalui alat-alat pembelajaran matematika. Tujuan utamanya adalah untuk menarik minat siswa dalam memahami konsep dasar matematika dengan lebih mudah. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah student learning center. Selain itu, diberikan juga penjelasan kepada salah seorang perwakilan guru dan siswa melalui praktik penggunaan alat-alat pembelajaran matematika tersebut. Lebih jauh, karena kondisi COVID-19, kegiatan ini juga direalisasikan melalui pembuatan video pembelajaran yang dapat diakses di YouTube. Fokus utama dalam kegiatan ini adalah penekanan pada penguatan konsep aritmetika. Di sisi lain, penguatan konsep siswa dilakukan melalui problem solving di aplikasi zenius.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-06

How to Cite

Kurniadi, E., Gusriani, N., Subartini, B., & Napitupulu, H. . (2020). PENGUATAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI ALAT PERAGA MATEMATIKA PERMAINAN DI SDN CIKUDA JATINANGOR . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 561–568. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.535

Issue

Section

Articles