Sosialisasi dan Pelatihan Pemasaran Digital pada Pelaku Umkm Di Desa Karet Kecamatan Sepatan Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4928Abstract
Program Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan di Desa Karet, Tangerang, Banten dengan pendekatan pemasaran melalui media digital. Program pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengungkap realitas sosial sesungguhnya. Informan yang dijadikan mitra adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah RW 002 Desa Karet, Tangerang. Tujuan pengabdian masyarakat yaitu optimalisasi penjualan produk UMKM dengan memanfaatkan media digital. Adapun Langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan yaitu 1) Mencari permasalahan dan mendiskusikannya dengan ketua RW 02 dan pelaku UMKM, 2) sosialisasi strategi pemasaran digital dan pelatiahan pembuatan logo, kemasan dan banner usaha. Hasil sosialisasi dan pelatihan menunjukkan bahwa pelaku UMKM dapat membuat platform penjualan online, logo produk, dan inovasi kemasan
Keywords:
Media Digital, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, Sosialisasi dan Pelatihan, Strategi PemasaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sunarmo, Elif Pardiansyah, Cindy Pertiwi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work