Pelatihan Pemberdayaan Guru dalam Merancang Modifikasi Kurikulum bagi Siswa ABK di SD Negeri Sudimara Timur 2

Authors

  • Connie Chairunnisa Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta, Indonesia
  • Rismita Rismita Sekolah Pascasarjana UHAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4842

Abstract

Pemberdayaan guru dalam merancang modifikasi kurikulum bagi siswa ABK perlu dilakukan penyesuaian untuk mengurangi permasalahan dalam mengelola sekolah inklusi, dan ketuntasan belajar siswa ABK. Metode yang digunakan adalah Klasikal dengan protokol kesehatan (PSBB), selama 1(satu) hari dan 2 (dua) hari menggunakan metode daring(dalam Jaringan) online dengan menggunakan zoom cloud meeting dan WA group, serta strategi pembelajaran yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik, relevan dengan pencapaian tujuan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang pendidikan inklusif . Hasil akhir yang diperoleh dari pelatihan pemberdayaan guru ini, terdapat sedikit keterbatasan pengetahuan dalam mengatasi dan mendampingi siswa ABK, dan ada sebagian guru yang mampu mengidentifikasi siswa ABK sehingga sebagian guru tersebut memiliki kemampuan dalam merancang kurikulum yang akomodatif bagi siswa ABK, serta para guru dapat mempresentasikan rancangan modifikasi kurikulum bagi siswa ABK dengan baik dan benar yang terbagi atas 8 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 2-3 orang guru. Harapan dari tim PKM UHAMKA  adalah para guru dapat menerapkan semua pelatihan yang sudah diberikan.

Keywords:

Pemberdayaan Guru, Modifikasi Kurikulum, ABK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 157
Downloads Count: 188

Published

2023-04-06

How to Cite

Chairunnisa, C., & Rismita, R. (2023). Pelatihan Pemberdayaan Guru dalam Merancang Modifikasi Kurikulum bagi Siswa ABK di SD Negeri Sudimara Timur 2 . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1274–1280. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4842

Issue

Section

Articles