Pelatihan Pemberdayaan Guru dalam Merancang Modifikasi Kurikulum bagi Siswa ABK di SD Negeri Sudimara Timur 2
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4842Abstract
Pemberdayaan guru dalam merancang modifikasi kurikulum bagi siswa ABK perlu dilakukan penyesuaian untuk mengurangi permasalahan dalam mengelola sekolah inklusi, dan ketuntasan belajar siswa ABK. Metode yang digunakan adalah Klasikal dengan protokol kesehatan (PSBB), selama 1(satu) hari dan 2 (dua) hari menggunakan metode daring(dalam Jaringan) online dengan menggunakan zoom cloud meeting dan WA group, serta strategi pembelajaran yang bersifat kognitif, afektif, dan psikomotorik, relevan dengan pencapaian tujuan yaitu untuk meningkatkan pengetahuan guru tentang pendidikan inklusif . Hasil akhir yang diperoleh dari pelatihan pemberdayaan guru ini, terdapat sedikit keterbatasan pengetahuan dalam mengatasi dan mendampingi siswa ABK, dan ada sebagian guru yang mampu mengidentifikasi siswa ABK sehingga sebagian guru tersebut memiliki kemampuan dalam merancang kurikulum yang akomodatif bagi siswa ABK, serta para guru dapat mempresentasikan rancangan modifikasi kurikulum bagi siswa ABK dengan baik dan benar yang terbagi atas 8 kelompok dan masing-masing kelompok terdiri dari 2-3 orang guru. Harapan dari tim PKM UHAMKA adalah para guru dapat menerapkan semua pelatihan yang sudah diberikan.
Keywords:
Pemberdayaan Guru, Modifikasi Kurikulum, ABKDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Connie Chaerunnisa, Rismita Rismita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work