Optimalisasi Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM Di Desa Ciomas Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan

Authors

  • Lili Karmela Fitriani Universitas Kuningan
  • Dikdik Harjadi Prodi Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Kuningan
  • Dede Djuniardi Prodi Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Kuningan
  • Aini Nursyafaah Prodi Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4769

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten Kuningan pasca pandemic Covid 19 berupaya untuk bangkit dan mengembangkan produk produk yang sudah dikenal masyarakat, demikian halnya dengan UMKM yang ada di Desa Ciomas. Permasalahan timbul pasca covid 19 adalah pelaku usaha mengalami penurunan dalam memasarkan produknya yang berdampak pada berkurangnya tingkat pendapatan mereka. Saat ini perkembangan teknologi digital menjadi sesuatu hal yang tidak asing lagi dan menjadi kebutuhan yang cukup penting dalam memasarkan produk. Pemasaran dengan media digital dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan luas pasar, jumlah konsumen. Kegiatan  yang dilakukan adalah memberi pelatihan dalam pemanfaatan media social dalam memasarkan produknya, sehingga pelaku umkm dapat memperluas pasar, meningkatkan jumlah konsumen dan dampaknya meningkatkan taraf ekonomi. Peserta pelatihan ini sebanyk 32 orang pelaku UMKM di Desa Ciomas Kecamatan Ciawigebang, Kabupaten Kuningan

Keywords:

pemasaran digital, teknologi digital, pemasaran, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 140
Downloads Count: 178

Published

2023-04-13

How to Cite

Karmela Fitriani, L., Harjadi, D., Djuniardi, D., & Nursyafaah, A. (2023). Optimalisasi Pemasaran Digital Bagi Pelaku UMKM Di Desa Ciomas Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1434–1439. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4769

Issue

Section

Articles