MEMBACA TEKS NARASI MENGGUNAKAN STRATEGI STORY MAP UNTUK SISWA SMA KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4760Abstract
Membaca teks narasi merupakan kegiatan pembelajaran yang tidak mudah untuk siswa SMA. Siswa mengalami kesulitan ketika menemukan kosa kata yang tidak dipahami. Siswa juga membutuhkan waktu lama untuk membaca teks narasi karena mereka memusatkan pada setiap bagian detail dari isi teks narasi. Strategi membaca teks narasi dengan menggunakan strategi story-map dapat membantu siswa membaca lebih mudah. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan membaca teks narasi dengan menggunakan strategi story-map ke siswa SMA kelas 10. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan platform zoom. Pelatihan membaca teks narasi ini dilakukan dengan tiga tahapan kegiatan , yaitu adalah perencanaan, pelatihan dan evaluasi. Hasilnya adalah siswa terbantu dalam membaca teks narasi dengan menggunakan strategi ini karena membaca menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Hasil angket menunjukkan bahwa membaca teks narasi menjadi lebih mudah untuk siswa karena strategi ini mengajarkan siswa untuk memusatkan pada bagian-bagian penting teks narasi sehingga menjadi lebih efiesien.
Keywords:
Membaca teks narasi, strategi membaca, story-mapDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Risna Saswati; Syaadiah Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work