MEMBACA TEKS NARASI MENGGUNAKAN STRATEGI STORY MAP UNTUK SISWA SMA KELAS X

Authors

  • Risna Saswati STBA LIA
  • Syaadiah Arifin Universitas Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4760

Abstract

Membaca teks narasi merupakan kegiatan pembelajaran yang tidak mudah untuk siswa SMA. Siswa mengalami kesulitan ketika menemukan kosa kata yang tidak dipahami. Siswa juga membutuhkan waktu lama untuk membaca teks narasi karena mereka memusatkan pada setiap bagian detail dari isi teks narasi. Strategi membaca teks narasi dengan menggunakan strategi story-map dapat membantu siswa membaca lebih mudah. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pelatihan membaca teks narasi dengan menggunakan strategi story-map ke siswa SMA kelas 10. Pelatihan dilakukan dengan menggunakan platform zoom. Pelatihan membaca teks narasi ini dilakukan dengan tiga tahapan kegiatan , yaitu  adalah perencanaan, pelatihan dan evaluasi.  Hasilnya adalah siswa terbantu dalam membaca teks narasi dengan menggunakan strategi ini karena membaca menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Hasil angket menunjukkan bahwa membaca teks narasi menjadi lebih mudah untuk siswa karena strategi ini mengajarkan siswa untuk memusatkan pada bagian-bagian penting teks narasi sehingga menjadi lebih efiesien.

Keywords:

Membaca teks narasi, strategi membaca, story-map

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syaadiah Arifin, Universitas Prof. Dr. Hamka

She is a fulltime lecturer at University of Muhammadiyah Prof. Dr. Muhammad Hamka. 

Downloads

Abstract Views : 733
Downloads Count: 429

Published

2023-04-06

How to Cite

Saswati, R., & Arifin, S. (2023). MEMBACA TEKS NARASI MENGGUNAKAN STRATEGI STORY MAP UNTUK SISWA SMA KELAS X. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1225–1230. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4760

Issue

Section

Articles