Edukasi Perawatan Bayi Sehari – Hari Pada Ibu Nifas

Authors

  • Pande Putu Indah Purnamayanthi STIKES Bina Usada Bali
  • Ni Made Risna Sumawati STIKES Bina Usada Bali
  • Ni Made Egar Adhiestiani STIKES Bina Usada Bali

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4730

Abstract

Keberadaan bayi yang melibatkan keterampilan mekanik dan emosi ibu. Faktor –faktor yang bisa mempengaruhi ketrampilan ibu dalam perawatan bayi baru lahir adalah adanya kesiapan ibu dalam rangka adaptasi setelah melahirkan untuk memperkecil risiko kesehatan bayi baru lahir, adanya dorongan dalam diri ibu yang membuatnya melakukan perawatan bayi secara optimal dan perawatan bayi baru lahir yang baik dan benar. Solusi yang akan diberikan untuk mengatasi ini yaitu dengan memberikan edukasi kepada ibu tentang bagaimana cara melakukan perawatan bayi sehari – hari dirumah.  Pengetahuan ibu dalam perawatan bayi baru lahir dapat dipelajari, diperkuat, diperlemah dan dibatasi secara efektif karena perilaku seseorang pada prinsipnya dibawah kendali yang disadari. Upaya pendidikan Kesehatan saat ini melalui edukasi merupakan cara paling tepat dan lebih bisa diterima untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang perawatan bayi karena ditujukan supaya ibu mampu berperilaku atau mengadopsi perilaku kesehatan. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu nifas dalam perawatan bayi sehari – hari. Metode yang digunakan dalam program ini yaitu dengan menggunakan metode ceramah dan demonstrasi. Setelah dilakukan edukasi kepada 20 ibu nifas maka didapatkan hasil bahwa ibu nifas telah memahami tentang perawatan bayi sehari – hari dirumah.

Keywords:

Edukasi, Ibu Nifas, Perawatan Bayi sehari – hari

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1641
Downloads Count: 1746

Published

2023-04-04

How to Cite

Purnamayanthi, P. P. I., Ni Made Risna Sumawati, & Ni Made Egar Adhiestiani. (2023). Edukasi Perawatan Bayi Sehari – Hari Pada Ibu Nifas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1085–1089. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4730

Issue

Section

Articles