Pelatihan Perencanaan Keuangan Syariah Bagi Guru SMP-SMA Saintek UHAMKA Boarding School, Bogor, Indonesia

Authors

  • Andi Amri Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
  • Ade Putri Muliya Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
  • Aryo Alamsyah Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA
  • Whiz Alriz Luth’v Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4708

Abstract

Rendahnya pengelolaan keuangan masyarakat saat ini salah satunya dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan yang mumpuni tentang bagaimana melakukan perencanaan keuangan yang baik. Terlebih di masyarakat yang didominasi oleh mayoritas muslim, kebutuhan akan pengetahuan berbasis syariah menjadi sangat penting. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan kepada guru SMP-SMA Saintek UHAMKA mengenai perencanaan keuangan yang berbasis syariah. Sebanyak 15 guru yang terlibat dalam pengabdian sebagai responden dalam kegiatan ini. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian dilakukan dalam 5 tahapan prosedural, meliputi tahapan permulaan, sosialisasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dari kelima tahapan tersebut dapat diperoleh mengenai gambaran pengetahuan perencanaan keuangan syariah responden yang menunjukkan dalam skala baik. Hal ini menjadi indikator bahwa pengabdian yang dilakukan berhasil memberikan perubahan pengetahuan kepada guru untuk mempunyai perencanaan keuangan syariah yang baik. Sementara itu, hasil pengabdian ini juga bisa diperluas dengan melakukan kegiatan yang sejenisnya pada sampel yang lebih luas.

Keywords:

Boarding School, Guru, Keuangan Syariah, Pelatihan, Perencanaan Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 265
Downloads Count: 180

Published

2023-04-04

How to Cite

Amri, A., Muliya, A. P., Alamsyah, A., & Luth’v, W. A. (2023). Pelatihan Perencanaan Keuangan Syariah Bagi Guru SMP-SMA Saintek UHAMKA Boarding School, Bogor, Indonesia. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1119–1128. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4708

Issue

Section

Articles