SOSIALISASI PEMAHAMAN MODEL KAMPANYE MENJELANG PEMILU 2024 TERHADAP SISWA SMK MANDIRI BOJONG GEDE BOGOR

Authors

  • Indiana Ngenget Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta
  • Enny Suryanjari Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Nazimin Saily Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Sugeng Astanto Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, Jakarta, Indonesia
  • Irmawan Effendi Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta, Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4704

Abstract

Kampanye politik merupakan inti dari demokrasi perwakilan. Untuk memenangkan pemilihan umum, seorang kandidat harus mendapat dukungan dari masyarakat. Kampanye merupakan upaya terorganisir untuk memotivasi voter yang bertujuan mendukung kandidat tertentu. Secara khusus, tujuan kampanye baik yang berbentuk positif, negatif, maupun hitam adalah menaikkan elektabilitas calon yang diusung dan menurunkan tingkat keterpilihan lawan. Pelaksanaan Pemilihan Umum atau Pilkada di Indonesia dalam Pemilu Presiden 2014, 2019 dan Pilkada serentak 2018, 2020 diiringi dengan perkembangan strategi propaganda dan kampanye hitam. yang di waktu lalu dikenal sebagai whispering campaign melalui mulut ke mulut. Sekarang keduanya dibungkus melalui media elektronik maupun cetak yang memiliki jangkauan penetratif ke pemilih. Kegiatan pengabdian ini bertujuan memberikan pemahaman dan edukasi kepada Siswa SMK Mandiri sebagai representasi dari pemilih pemula dan agen perubahan dalam menghadapi pemilihan umum 2024. Metode pelaksanaan pengabdian adalah pemaparan materi dengan ceramah dan tanya jawab secara luring. Hasil pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dapat tergambar dari hasil pre test dan post test, yaitu pengetahuan Siswa SMK Mandiri menjadi meningkat dalam menyikapi permasalahan kampanye politik, sehingga diharapkan dapat menyampaikan kembali pengetahuannya mengenai model-model kampanye politik dan pengaruhnya kepada keluarga, teman-teman, dan masyarakat di lingkungannya.

Keywords:

kampanye, pemilu, pemahaman, sikap

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 580
Downloads Count: 568

Published

2023-04-06

How to Cite

Ngenget, I., Suryanjari, E., Saily, N., Astanto, S., & Effendi , I. (2023). SOSIALISASI PEMAHAMAN MODEL KAMPANYE MENJELANG PEMILU 2024 TERHADAP SISWA SMK MANDIRI BOJONG GEDE BOGOR. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1201–1210. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4704

Issue

Section

Articles