PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM, GEOOGLE MEET DAN ZOOM GURU SMP NEGERI 2 BATUBARA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.464Abstract
Pandemi Covid 19 telah mengubah seluruh tatanan kehidupan, terutama dunia pendididkan. Melalui Kebijakan Pemerintah, sistem pengajaran tatap muka dalam proses belajar mengajar dialihkan kesistem on line atau dikenal dengan sistem daring. Permasalahan yang timbul dalam memilih metode yang tepat dipakai dalam proses belajar mengajar ditengah pandemi ini menjadi dilema bagi para guru. Beberapa alternatif aplikasi yang ditawarkan harus disesuaikan dengan kondisi sekolah, guru dan peserta didik. Aplikasi yang digunakan harus mampu diakses,dan pahami oleh setiap guru dan peserta didik agar tujuan dalam pembelajaran tetap tercapai. Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk Mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya Pengabdian Kepada Masyarakat, membekali Guru-Guru agar memiliki pemahaman dan pengetahuan tentang aplikasi pembelajaran daring serta dapat mempergunakannya dalam proses belajar mengajar secara on line. Metode yang dipakai pada kegiatan pengabdian ini adalah menggunakan sistem ceramah, memaparkan materi-materi yang berhubungan dengan aplikasi pengajaran daring berbasis Google Classroom, Google Meet dan Zoom serta praktek langsung pemakaian aplikasi tersebut dengan bantuan team pendamping praktek terhadap 20 orang guru UPTD SMP Negeri 2 Air Putih. Hasil yang diperoleh para guru dapat memahami dan mengerti menggunakan metode pengajaran daring sehingga proses pembelajaran dapat berjalan efektif sesuai dengan tujuan Kurikulum Nasional di tengah Pandemi Covid 19.
Keywords:
pembelajaran, google classroom, google meet, zoomDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work