Pendampingan Literasi, Numerasi, Administrasi dan Adaptasi Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4517Abstract
Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) di berbagai daerah di Indonesia. SDN 033/IX dan SDN 059/IX Penyengat Olak yang berlokasi di Desa Penyengat Olak, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, merupakan salah satu sekolah sasaran dalam program ini. Pada Program Kampus Mengajar ini, mahasiswa yang bertugas bertanggung jawab dalam membantu pihak SDN 033/IX dan SDN 059/IX Penyengat Olak pada proses belajar mengajar, membantu adaptasi teknologi dan kegiatan administarasi sekolah. Selain itu, mahasiswa juga diberi tanggung jawab meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari Kampus Mengajar adalah meningkatnya rasa empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat dan pendidikan di Indonesia, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerjasama lintas bidang ilmu dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, dengan Kampus Mengajar ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan karakter serta memiliki pengalaman mengajar.
Keywords:
literacy, numeration, administration, adaptation of technologyDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bradley Setiyadi, Rahmatil Ummah, Indah Apriliana, Mona Br Siahaan, Pelita Samosir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work