Pendampingan Literasi, Numerasi, Administrasi dan Adaptasi Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Authors

  • Bradley Setiyadi FKIP Universitas Jambi
  • Rahmatil Ummah FKIP Universitas Jambi
  • Indah Apriliana FKIP Universitas Jambi
  • Mona Br Siahaan FKIP Universitas Jambi
  • Pelita Samosir FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4517

Abstract

Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berupa asistensi mengajar untuk memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) di berbagai daerah di Indonesia. SDN 033/IX dan SDN 059/IX Penyengat Olak yang berlokasi di Desa Penyengat Olak, Kecamatan Jambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, merupakan salah satu sekolah sasaran dalam program ini. Pada Program Kampus Mengajar ini, mahasiswa yang bertugas bertanggung jawab dalam membantu pihak SDN 033/IX dan SDN 059/IX Penyengat Olak pada proses belajar mengajar, membantu adaptasi teknologi dan kegiatan administarasi sekolah. Selain itu, mahasiswa juga diberi tanggung jawab meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari Kampus Mengajar adalah meningkatnya rasa empati dan kepekaan sosial pada diri mahasiswa terhadap masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat dan pendidikan di Indonesia, mengasah keterampilan berpikir dalam bekerjasama lintas bidang ilmu dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, dengan Kampus Mengajar ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan dan karakter serta memiliki pengalaman mengajar.

Keywords:

literacy, numeration, administration, adaptation of technology

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 214
Downloads Count: 199

Published

2023-04-03

How to Cite

Setiyadi, B., Ummah, R., Apriliana, I., Br Siahaan, M., & Samosir, P. (2023). Pendampingan Literasi, Numerasi, Administrasi dan Adaptasi Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 984–990. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4517

Issue

Section

Articles