PELATIHAN PENGEMBANGAN DIGITAL ASSESMENT BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KEPULAUAN SERIBU
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.448Abstract
Penilaian berbasis online (digital assessment) dinilai lebih memberikan hasil yang akurat (objektif) sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan solusi kepada sekolah mitra yang memiliki keterbatasan dalam mengimplementasikan digital asessment. Dalam hal ini seesaw dapat dijadikan alternative peniaian portofolio berbasis digital. Tentunya seesaw ini salah satu jenis penialan autentik yang mendukung kompetensi dalam kurikulum 2013. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini, diharapkan guru dapat mengaplikasikan digital asessment pada semua pembelajaran secara tepat sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Peserta pelatihan terdiri dari 107 guru yang tersebar di wilayah Kepulauan Seribu. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa 85% guru memahami konsep penilaian autentik, pengembangan digital assesment, dan cara mengembangkan instrument berbasis digital. Kegiatan pengabdian ini dapat memberikan kontribusi dan mendukung pemerintah dalam memajukan kualitas pembelajaran bagi sekolah dasar. Penerapan digital assessment yang dilaksanakan secara autentik akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan berkualitas.
Keywords:
digital assesment, seesaw, kualitas pembelajaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work