PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN IPA MELALUI ACTION RESEARCH METHOD DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK DIFABEL

Authors

  • Siti Fatimah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Lia Anjali IAINU Kebumen
  • Sarwiati Sarwiati IAINU Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4461

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus dalam memahami konsep IPA sebagai upaya mengembangkan kemampuan literasi sains. Pengabdian ini menggunakan metode action research yang dilakukan selama tiga bulan dari bulan April-Juni 2022 di Rumah Inklusi Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan belajar IPA terbukti dapat mengembangkan kemampuan literasi sains anak-anak berkebutuhan khusus khususnya pada aspek mengidentifikasi argument saintifik yang tepat, memahami elemen desain penelitian, dan menyimpulkan hasil percobaan menjadi aspek yang berkembangan dengan baik. Sedangkan aspek membuat interpretasi data dan menganalisis data percobaan menjadi aspek yang cukup baik.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pendampingan belajar IPA dapat mengembangkan kemampuan literasi anak-anak berkebutuhan khsusus.

Keywords:

bimbingan belajar, belajar IPA, kemampuan literasi sains, anak berkebutuhan khusus

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 173
Downloads Count: 185

Published

2023-04-03

How to Cite

Fatimah, S., Anjali, L., & Sarwiati, S. (2023). PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN IPA MELALUI ACTION RESEARCH METHOD DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK DIFABEL. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1052–1059. https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4461

Issue

Section

Articles