PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN IPA MELALUI ACTION RESEARCH METHOD DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS ANAK DIFABEL
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4461Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk mendampingi anak berkebutuhan khusus dalam memahami konsep IPA sebagai upaya mengembangkan kemampuan literasi sains. Pengabdian ini menggunakan metode action research yang dilakukan selama tiga bulan dari bulan April-Juni 2022 di Rumah Inklusi Kebumen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, lembar observasi, lembar wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan pendampingan belajar IPA terbukti dapat mengembangkan kemampuan literasi sains anak-anak berkebutuhan khusus khususnya pada aspek mengidentifikasi argument saintifik yang tepat, memahami elemen desain penelitian, dan menyimpulkan hasil percobaan menjadi aspek yang berkembangan dengan baik. Sedangkan aspek membuat interpretasi data dan menganalisis data percobaan menjadi aspek yang cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan adanya pendampingan belajar IPA dapat mengembangkan kemampuan literasi anak-anak berkebutuhan khsusus.
Keywords:
bimbingan belajar, belajar IPA, kemampuan literasi sains, anak berkebutuhan khususDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Fatimah, Lia Anjali, Sarwiati Sarwiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work