Model Transfer Pengetahuan untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan Tenaga Pemasaran pada BTM Muhammadiyah Banyumas

Authors

  • Muchammad Agung Miftahuddin Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Ugung Dwi Ario Wibowo Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Alfalisyado Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4241

Abstract

Ipteks Bagi Masyarakat-UMKM ini ditujukan untuk membantu tenaga pemasaran dalam pemodelan proses Transfer Pengetahuan Produk Halal (Halal Product Transfer Knowledge) kepada konsumen. Mitra dalam kegiatan ini adalah Account Officer (AO) atau tenaga pemasaran pada BTM Muhammadiyah Banyumas. Melalui metode pelatihan dan diskusi seluruh peserta yang berjumlah 27 orang mendapatkan penjelasan tentang Teknik dan model Transfer pengetahuan yang efektif. Selain itu, guna meningkatkan kepuasan pelanggan, peserta juga diberikan materi mengenai system pelayanan prima (Service excellent) atas produk-produk yang ditawarkan BTM.  Berdasarkan catatan hasil penilaian melalui pretest dan post test, peserta pelatihan meningkat pemahamannya secara signifikan. Hal ini terindikasi dari nilai prestest yang rata-ratanya 6,6 point, meningkat menjadi 9.4 point. Kemudian dalam rangka meningkatkan kinerja penjualan dalam jangka panjang, perlu dukung dengan keputusan manajemen berupa perbaikan kompensasi serta penerapan system pengawasan yang lebih efektif.

Keywords:

Alih Pengetahuan, Account Officer, Kinerja Penjualan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 109
Downloads Count: 125

Published

2023-01-26

How to Cite

Miftahuddin, M. A., Wibowo, U. D. A., & Alfalisyado, A. (2023). Model Transfer Pengetahuan untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan Tenaga Pemasaran pada BTM Muhammadiyah Banyumas . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 866–869. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4241

Issue

Section

Articles