Model Transfer Pengetahuan untuk Meningkatkan Kinerja Penjualan Tenaga Pemasaran pada BTM Muhammadiyah Banyumas
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4241Abstract
Ipteks Bagi Masyarakat-UMKM ini ditujukan untuk membantu tenaga pemasaran dalam pemodelan proses Transfer Pengetahuan Produk Halal (Halal Product Transfer Knowledge) kepada konsumen. Mitra dalam kegiatan ini adalah Account Officer (AO) atau tenaga pemasaran pada BTM Muhammadiyah Banyumas. Melalui metode pelatihan dan diskusi seluruh peserta yang berjumlah 27 orang mendapatkan penjelasan tentang Teknik dan model Transfer pengetahuan yang efektif. Selain itu, guna meningkatkan kepuasan pelanggan, peserta juga diberikan materi mengenai system pelayanan prima (Service excellent) atas produk-produk yang ditawarkan BTM. Berdasarkan catatan hasil penilaian melalui pretest dan post test, peserta pelatihan meningkat pemahamannya secara signifikan. Hal ini terindikasi dari nilai prestest yang rata-ratanya 6,6 point, meningkat menjadi 9.4 point. Kemudian dalam rangka meningkatkan kinerja penjualan dalam jangka panjang, perlu dukung dengan keputusan manajemen berupa perbaikan kompensasi serta penerapan system pengawasan yang lebih efektif.
Keywords:
Alih Pengetahuan, Account Officer, Kinerja PenjualanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muchammad Agung Miftahuddin, Ugung Dwi Ario Wibowo, Alfalisyado

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work