PELATIHAN PENGGUNAAN BAHASA KELAS (CLASSROOM LANGUAGE) BAGI GURU-GURU PENGAMPU BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN GALIS - PAMEKASAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4119Abstract
Penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa target di Indonesia lebih cenderung digunakan untuk diajarkan dan dipelajari di dalam kelas bukan digunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Berbahasa Inggris lisan tampaknya tidaklah mudah bagi guru-guru sekolah dasar di kecamatan Galis-Pamekasan yang notabene nya bukan dari latar belakang pendidikan bahasa Inggris. Dengan demikian perlu diadakan pelatihan penggunaan bahasa Inggris lisan, terutama ungkapan atau ekspresi bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa di dalam kelas (classroom language). Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan menambah pengetahuan dan keterampilan guru pengampu bahasa Inggris yang ada di sekolah dasar kecamatan Galis-Pamekasan. Pelatihan ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah (presentasi) dan diskusi saat penyampaian materi. Melalui pelatihan para guru sebagai peserta pelatihan dapat memperdalam pemahaman mereka terhadap penggunaan bahasa kelas (classroom language) baik dalam persiapan pembelajaran maupun dalam implementasi melalui peer teaching.
Keywords:
Bahasa Kelas, Bahasa Target, Pembelajaran Bahasa InggrisDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 agus budiharto, Fujiono Fujiono, Anang Faktchur Rachman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work