PELATIHAN KOMPUTER DASAR BAGI GURU SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI NGABANG

Abstract Views : 321 / Downloads Count: 321

Authors

  • Antonius Setyawan Sugeng Nur Agung STKIP Pamane Talino
  • Monika Widyastuti Surtikanti STKIP Pamane Talino
  • M Maiza STKIP Pamane Talino

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.411

Keywords:

Sekolah Luar Biasa, komputer, industri 4.0

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk membantu para guru menapaki industri 4.0. Kemampuan penggunaan komputer menjadi sangat penting baik untuk peningkatan kemampuan diri, pengajaran maupun admnistrasi sekolah. Peserta pelatihan komputer dasar ini adalah guru-guru Sekolah Luar Biasa se-kabupaten Landak sebanyak 20 orang. Target dari pelatihan ini adalah mereka mampu menguasai tiga program komputer dasar yaitu: Power Point, Prezi, dan Microsoft Excel dengan versi terbaru. Ketiga program tersebut dipilih untuk diajarkan karena program- program tersebutlah yang paling sering digunakan dalam pengajaran maupun presentasi (PowerPoint & Prezi) dan administrasi sekolah (Microsoft Excel). Hasil observasi awal yang dilakukan peneliti menemukan bahwa kemampuan penggunaan komputer para guru masih rendah. Meskipun begitu mereka sangat antusias dengan program ini. Motivasi mereka belajar komputer sangat tinggi. Peningkatan kemampuan penggunaan komputer terlihat jelas dari praktek mereka mendesain presentasi di PowerPoint dan Prezi. Peningkatan yang paling signifikan adalah penggunaan Microsoft Excel untuk administrasi sekolah. Sebagai contoh, selama ini mereka menghitung rata-rata nilai siswa secara manual dengan kalkulator dan hp walaupun mereka mengetik di Excel. Sekarang mereka sudah bisa mengunakan sheet dan menyeting rumus otomatis didalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-10-01

How to Cite

Agung, A. S. S. N., Surtikanti, M. W., & Maiza, M. (2020). PELATIHAN KOMPUTER DASAR BAGI GURU SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI NGABANG . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 287–292. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.411

Issue

Section

Articles