Pendampingan Menganalisis Kalimat Bagi Guru Bahasa Inggris Di Sekolah Yayasan Perguruan Muhammadiyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4084Abstract
Menguasai tatabahasa bagi guru bahasa Inggris sangat penting sebagai salah satu sumber ilmu bagi siswa disekolah.. Hal ini dikarenakan dalam semua kompetensi dasar dalam Kurikulum pembelajaran bahasa Inggris baik tingkat SMP maupun SMA menuntut agar mahasiswa mampu untuk menerapkan komponen-komponen bahasa inggris salah satunnya tatabahasa secara tepat dan akurat baik itu dalam melaksanakan monolog, dialog, maupun menulis sebuah percakapan maupun teks. Namun kenyataannya guru di kota Palu, khususnya guru bahasa Inggris, masih kurang menguasai tatabahasa Inggris khususnya penguasaan analisis kalimat yang berhubungan dengan konstruksi kalimat dan anak kalimat. Oleh sebab itu perlu adanya pendampingan terhadap guru bahasa Inggris di Yayasan Perguruan Muhammadiyah Kota Palu dalam menganalisis kalimat berbahasa Inggris. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan tatabahasa Inggris khususnya kemampuan konstruksi kalimat dan anak kalimat bagi guru bahasa Inggris (SMP dan SMA) di bawah Yayasan Perguruan Muhammadiyah kota Palu, selain itu pendampingan ini juga bertujuan memberikan pengalaman pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam analisis kalimat. Kegiatan pendampingan ini dirancang dengan menetapkan beberapa pendekatan atau metode yang mencakup: 1) Presentasi; 2) Kerja Tim; dan 3) Diskusi dan Refleksi. Adapun hasil setelah melaksanakan pendampingan ini adalah adanya peningkatan kemampuan penguasaan tatabahasa Inggris guru bahasa Inggris SLTP dan SLTA di bawah Yayasan Perguruan Muhammadiyah kota. Ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor test yang yang diberikan sebelum dan setelah pendampingan.
Keywords:
Analisis Kalimat, Keterampilan Menulis, Tatabahasa InggrisDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Afrillia Anggreni, Siska Bochari, Nadrun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work