Pendampingan Menganalisis Kalimat Bagi Guru Bahasa Inggris Di Sekolah Yayasan Perguruan Muhammadiyah

Authors

  • Afrillia Anggreni Universitas Tadulako
  • Siska Bochari Universitas Tadulako, Palu, Indonesia
  • Nadrun Universitas Tadulako, Palu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4084

Abstract

Menguasai tatabahasa bagi guru bahasa Inggris sangat penting sebagai salah satu sumber ilmu bagi siswa disekolah.. Hal ini dikarenakan dalam semua kompetensi dasar dalam Kurikulum pembelajaran bahasa Inggris baik tingkat SMP maupun SMA menuntut agar mahasiswa mampu untuk menerapkan komponen-komponen bahasa inggris salah satunnya tatabahasa secara tepat dan akurat baik itu dalam melaksanakan monolog, dialog, maupun menulis sebuah percakapan maupun teks. Namun kenyataannya guru di kota Palu, khususnya guru bahasa Inggris, masih kurang menguasai tatabahasa Inggris khususnya penguasaan analisis kalimat yang berhubungan dengan konstruksi kalimat dan anak kalimat. Oleh sebab itu perlu adanya pendampingan terhadap guru bahasa Inggris di Yayasan Perguruan Muhammadiyah Kota Palu dalam menganalisis kalimat berbahasa Inggris. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penguasaan tatabahasa Inggris khususnya kemampuan konstruksi kalimat dan anak kalimat bagi guru bahasa Inggris (SMP dan SMA) di bawah Yayasan Perguruan Muhammadiyah kota Palu, selain itu pendampingan ini juga bertujuan memberikan pengalaman pembelajaran bahasa Inggris khususnya dalam analisis kalimat. Kegiatan pendampingan ini dirancang dengan menetapkan beberapa pendekatan atau metode yang mencakup: 1) Presentasi; 2) Kerja Tim; dan 3) Diskusi dan Refleksi. Adapun hasil setelah melaksanakan pendampingan ini adalah adanya peningkatan kemampuan penguasaan tatabahasa Inggris guru bahasa Inggris SLTP dan SLTA di bawah Yayasan Perguruan Muhammadiyah kota. Ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor  test yang yang diberikan sebelum dan setelah pendampingan.

Keywords:

Analisis Kalimat, Keterampilan Menulis, Tatabahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 105
Downloads Count: 119

Published

2023-01-18

How to Cite

Anggreni, A., Bochari, S., & Nadrun, N. (2023). Pendampingan Menganalisis Kalimat Bagi Guru Bahasa Inggris Di Sekolah Yayasan Perguruan Muhammadiyah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 567–573. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.4084

Issue

Section

Articles