PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3966Abstract
Media pembelajaran digital merupakan media yang bersifat kebaruan (novelty) dan saat ini digemari oleh peserta didik. Diperlukan suatu pembaharuan agar di dapat model penyampaian yang ditampilkan berbeda nantinya di kelas. Tim PKM melakukan observasi kemudian dilanjutkan dengan wawancara bersama pengawas sekolah dasar di lingkungan koordinator wilayah dinas Pendidikan dan kebudayaan sambas. Hasilnya beberapa guru di sekolah binaan masih perlu pengetahuan mengenai teknologi informasi yang berkembang saat ini, dikarenakan belum banyak pelatihan yang bisa di ikuti oleh guru mengenai aplikasi teknologi informasi yang banyak digunakan untuk pembuatan dan pengembangan media pembelajaran. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan media pembelajaran digital melalui pelatihan pembuatan media ajar digital berbasis sparkol videoscribe dimana pada aplikasi ini nantinya, dapat meningkatkan pengetahuan guru sehingga mampu mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik berbasis multimedia, dengan penggabungan animasi, video dan audio di dalamnya. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah dengan metode ceramah, demonstrasi, praktik dan tanya jawab. Kegiatan ini menambah pengetahuan guru-guru dalam pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi sparkol videoscribe. Dari hasil post-test peserta pelatihan dengan rata-rata nilai yang di dapat sekitar 74.69 dari nilai pretest di awal yaitu : 48.44 dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan dari guru selama mengikuti pelatihan pembuatan media pembelajaran digital ini
Keywords:
sparkol, videoscribe, media, digital, pembelajaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Noferianto Sitompul, Vanie Wijaya, Sri Wahyuni, U Heri Mulyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work