Pemanfaatan Media Sosial Guna Memperkuat Pemasaran Umkm Di Desa Bangbayang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.3884Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran media social dalam meningkatkan pemasaran UMKM yang ada di Desa Bangbayang terutama pada UMKM Keripik milik Bu Tuti. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalahmenggunakan pendekatan PAR (Partisipatory action Research). Populasi dalam penelitian ini adalah semua UMKM yang ada di Desa Bangbayang Kecamatan Bantarkawung Kabupaten Brebes. Sedangkan sampel yang digunakan adalah UMKM Keripik milik Bu Tuti. Instrument penelitian ini yaitu peneliti sebagai instrument kunci dan pedoman wawancara sebagai instrument pendukung. Dari hasil penelitian mengungkapkan bahwa pada tahapan partisipasi, dimulai dengan pendekatan melalui observasi dan wawancara terkait kondisi UMKM Ksriping Ibu Tuti, proses pembuatan produk hingga permasalahan dalam pemasaran yang belum luas. Pada tahap pendampingan tim KKN memberikan usulan program kepada UMKM Ksriping Ibu Tuti untuk dapat meminimalisir permasalahan yang menghambat pemasaran dan eksistensi UMKM Ksriping Ibu Tuti. Pada tahap pengimplementasian, Ibu Tuti diberikan pengetahuan bagaimana mensiasati model marketing pada zaman modern saat ini dengan menggunakan teknologi informasi. Kesimpulan dari penelitian ini mereka merasa terbantu dengan adanya kegiatan pendampingan ini utamanya terkait pemasaran produk yang dilakukan melalui pemanfaatan teknologi digital atau marketing digital berupa media sosial baik itu Instagram, Facebook, dan WhatsApp sehingga distribusi produk dalam domestic dapat terselamatkan.
Keywords:
Social Media, UMKM, MarketingDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Enjen Zaenal Mutaqin, Alfiah Nihayatul Azizah, Shifwah Khairunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work