Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Plotagon Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru BK

Authors

  • Asradi Universitas Jambi
  • Freddi Sarman Universitas Jambi
  • Dhilal Rizqullah Universitas Jambi, Jambi
  • Meilan Putri Universitas Jambi, Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3883

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru bimbingan dan konseling dalam pelayanan berbasis online menggunakan plotagon. Metode yang digunakan adalah format workshop berbentuk pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pendampingan diawali dengan kegiatan penyampaian pemahaman materi mengenai Plotagon, selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan mendemontrasikan penggunaan Plotagon. Tahap berikutnya adalah simulasi dan pendampingan, pada tahap ini peserta kegiatan mencobakan langsung proses pembuatan plotagon dan didampingi untuk meminimalisir ketidak pahaman peserta dalam pembuatan plotagon. Tahap selanjutnya berupa reflesi kegiatan dengan tujuan untuk melihat ketercapaian pelaksanaan kegiatan dan diakhiri dengan kegitan penutup. Hasil kegiatan ini antaran lain: menambah wawasan dan keterampilan guru bimbingan dan konseling dalam menggunakan teknologi dalam memberikan layanan yang berbasis online. Pemahaman dan keterampilan guru bimbingan konseling berkembang sehingga dapat membantu pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah  Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat dan evaluasi dengan mitra dapat disimpulkan bahwa: Pemahaman dan keterampilan guru bimbingan dan konseling berkembang sehingga dapat membuat dan mengaplikasikan plotagon kedalam bentuk video layanan berbasis online.

Keywords:

Video Pembelajaran, Plotagon, Keterampilan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 146
Downloads Count: 216

Published

2023-01-30

How to Cite

Asradi, Sarman, F., Rizqullah, D., & Putri, M. (2023). Pendampingan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Plotagon Untuk Meningkatkan Keterampilan Guru BK . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 896–901. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3883

Issue

Section

Articles