Pemanfatan Lilin Dalam Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3881Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa sekolah dasar. Berbagai inovasi dalam pembelajaran Matematika dilakukan supaya materi pelajaran yang abstrak dapat dipahami dengan mudah dan melekat dalam ingatan siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan alternatif pembelajaran Matematika yang mudah dipahami, menarik dan menyenangkan dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam bentuk lilin bangun ruang. Metode kegiatan dengan ceramah dan praktek pembuatan lilin berbentuk bangun ruang (kubus, balok, kerucut, prisma, limas, tabung dan bola). Hasil dari pengabdian ini adalah siswa dapat memahami materi bangun ruang melalui benda konkrit, selanjutnya dapat ditingkatkan ke pemahaman yang lebih abstrak. Siswa mengikuti kegiatan dengan antusias, bersemangat dan gembira. Sebelum kegiatan 80% siswa menganggap pelajaran bangun ruang “sulit” namun setelahnya hanya tinggal 33,3% siswa yang menganggap pelajaran bangun ruang sulit. Hampir semua siswa (93,3%) menganggap pembelajaran bangun ruang dengan media lilin bangun ruang “menyenangkan” dan mudah dilakukan. Nilai siswa setelah pembelajaran (Nilai rata-rata 67,5 post-test) lebih baik dibandingkan sebelumnya (rata-rata pre-test 50,7).
Kata Kunci: Bangun Ruang; Lilin Bangun Ruang; Media Pembelajaran Matematika
Keywords:
Bangun Ruang, Lilin Bangun Ruang, Media Pembelajaran MatematikaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Indra Maiyanti, Anita Desiani, Bambang Sprihatin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work