Pemanfatan Lilin Dalam Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Sri Indra Maiyanti Unsri
  • Anita Desiani Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia
  • Bambang Suprihatin Universitas Sriwijaya, Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3881

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa sekolah dasar. Berbagai inovasi dalam pembelajaran Matematika dilakukan supaya materi pelajaran yang abstrak dapat dipahami dengan mudah dan melekat dalam ingatan siswa. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan alternatif pembelajaran Matematika yang mudah dipahami, menarik dan menyenangkan dengan memanfaatkan media pembelajaran dalam bentuk lilin bangun ruang. Metode kegiatan dengan ceramah dan praktek pembuatan lilin berbentuk bangun ruang (kubus, balok, kerucut, prisma, limas, tabung dan bola). Hasil dari pengabdian ini adalah siswa dapat memahami materi bangun ruang melalui benda konkrit, selanjutnya dapat ditingkatkan ke pemahaman yang lebih abstrak. Siswa mengikuti kegiatan dengan antusias, bersemangat dan gembira. Sebelum kegiatan 80% siswa menganggap pelajaran bangun ruang “sulit” namun setelahnya hanya tinggal 33,3% siswa yang menganggap pelajaran bangun ruang sulit. Hampir semua siswa (93,3%) menganggap pembelajaran bangun ruang dengan media lilin bangun ruang “menyenangkan” dan mudah dilakukan. Nilai siswa setelah pembelajaran (Nilai rata-rata 67,5 post-test) lebih baik dibandingkan sebelumnya (rata-rata pre-test 50,7).

Kata Kunci: Bangun Ruang; Lilin Bangun Ruang; Media Pembelajaran Matematika

Keywords:

Bangun Ruang, Lilin Bangun Ruang, Media Pembelajaran Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 171
Downloads Count: 244

Published

2023-01-16

How to Cite

Indra Maiyanti, S., Desiani, A., & Suprihatin, B. (2023). Pemanfatan Lilin Dalam Pembelajaran Matematika Bangun Ruang Bagi Siswa Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 493–499. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3881

Issue

Section

Articles