PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL UMKM DESA KERAMAS
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3880Abstract
Desa Keramas memiliki potensi wisata baik wisata alam, budaya maupun buatan manusia untuk terus dikembangkan menjadi desa wisata unggulan di Kabupaten Gianyar, Bali. Seiring dengan perkembangan pariwisata dan revolusi digital 4.0 ini, aktivitas pemasaran produk unggulan desa ini akan lebih efektif, efisien dilakukan melalui media internet. Namun masyarakat desa Keramas belum memaksimalkan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan pemasaran usahanya. Sedikitnya pemahaman literasi digital yang dimiliki pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu faktor penghambat kurangnya daya saing usaha pelaku UMKM. Urgensi mengenai pemahaman literasi digital sangatlah diperlukan terutama pasca pandemi Covid-19 dimana kebanyakan konsumer sekarang lebih nyaman berbelanja secara online. Oleh karenanya untuk meningkatkan literasi digital mengenai pengoptimalan penggunaan teknologi digital untuk pemasaran produk dan jasa UMKM di Desa Keramas, diperlukan upaya-upaya seperti pelatihan dan pendampingan mengenai digital marketing kepada UMKM di Desa Keramas. Pelaksanaan pelatihan dan pendampingan ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dan dilaksanakan secara luring di Kantor Desa Keramas pada tanggal 19 November 2022 dengan jumlah peserta 20 orang yang mencakup perangkat Desa Keramas dan pelaku UMKM Desa Keramas. Kemudian UMKM yang memerlukan video company profile maupun pembuatan katalog akan didampingi oleh tim pelaksana. Output yang dihasilkan dari pengabdian ini adalah meningkatnya pemahaman mitra UMKM mengenai digital marketing dan UMKM yang sebelumnya belum memiliki video company profileserta katalog dari produk ataupun jasa mereka dapat memiliki keunggulan dalam mempromosikan UMKM mereka.Keywords:
literasi digital, digital marketing, UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah)Downloads
Download data is not yet available.
Published
2023-01-09
How to Cite
putra, I. G. J. E., Pradnyandari Dananjaya Erawan, A., Wikan Aditya, I. G., Juniarta, I. W., Adi Surya Permana, I. M., & Wahyu Baskara, I. M. (2023). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL UMKM DESA KERAMAS. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 200–205. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3880
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 I Gede Juliana Eka putra, Ayu Pradnyandari Dananjaya Erawan, I Gede Wikan Aditya, I Wayan Juniarta, I Made Adi Surya Permana, I Made Wahyu Baskara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work