PELATIHAN MARKETING ONLINE DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UMKM DAPOR 38 KELURAHAN PAKIS, SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3814Abstract
Berkembangnya teknologi membuat kemajuan yang pesat bagi perekonomian Indonesia. Marketing online merupakan strategi baru yang harus diikuti oleh para pelaku usaha agar tetap dapat bersaing dengan berkembangnya teknologi saat ini. Tetapi masih banyak terdapat UMKM yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi dalam strategi pemasarannya. Dapor 38 salah satu UMKM yang berlokasi di Pakis, Kota Surabaya dimana usah ini masih menggunakan pemasaran sederhana yaitu informasi dari orang ke orang. Sedangkan UMKM ini sangat berpotensi untuk mengembangkan usahanya lebih besar lagi melalui pemanfaatan marketing online. Maka dari itu tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mengenalkan marketing online dengan memanfaatkan media sosial. Aplikasi yang akan digunakan untuk membuat konten-konten pada media sosial adalah canva dan corel draw. Pemilihan aplikasi ini dikarenakan sangat mudah digunakan dan memiliki item-item menarik yang dengan sangat mudah dimasukkan kedalam konten yang dibuat. Hasil dari kegiatan ini adalah mitra memiliki akun media sosial untuk usahanya dimana sudah berisi beberapa konten-konten yang dapat menarik pembeli. Mitra memiliki logo yang merupakan ciri khas usaha tersebut.
Keywords:
marketing online, instagram, UMKM, desainDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Naufal Abdillah, Ahmad Habib, Tan Evan Tandiyono, Siswoyo, Richardo Zefanya Damarjanan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work