PELATIHAN MARKETING ONLINE DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UMKM DAPOR 38 KELURAHAN PAKIS, SURABAYA

Authors

  • Naufal Abdillah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ahmad Habib Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Tan Evan Tandiyono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Siswoyo Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Richardo Zefanya Damarjanan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3814

Abstract

Berkembangnya teknologi membuat kemajuan yang pesat bagi perekonomian Indonesia. Marketing online merupakan strategi baru yang harus diikuti oleh para pelaku usaha agar tetap dapat bersaing dengan berkembangnya teknologi saat ini. Tetapi masih banyak terdapat UMKM yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi dalam strategi pemasarannya. Dapor 38 salah satu UMKM yang berlokasi di Pakis, Kota Surabaya dimana usah ini masih menggunakan pemasaran sederhana yaitu informasi dari orang ke orang. Sedangkan UMKM ini sangat berpotensi untuk mengembangkan usahanya lebih besar lagi melalui pemanfaatan marketing online. Maka dari itu tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mengenalkan marketing online dengan memanfaatkan media sosial. Aplikasi yang akan digunakan untuk membuat konten-konten pada media sosial adalah canva dan corel draw. Pemilihan aplikasi ini dikarenakan sangat mudah digunakan dan memiliki item-item menarik yang dengan sangat mudah dimasukkan kedalam konten yang dibuat. Hasil dari kegiatan ini adalah mitra memiliki akun media sosial untuk usahanya dimana sudah berisi beberapa konten-konten yang dapat menarik pembeli. Mitra memiliki logo yang merupakan ciri khas usaha tersebut.

Keywords:

marketing online, instagram, UMKM, desain

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 186
Downloads Count: 131

Published

2023-01-11

How to Cite

Abdillah, N., Habib, A., Evan Tandiyono, T., Siswoyo, S., & Zefanya Damarjanan, R. (2023). PELATIHAN MARKETING ONLINE DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UMKM DAPOR 38 KELURAHAN PAKIS, SURABAYA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 297–302. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3814

Issue

Section

Articles