Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru IPA Di Kelas Tinggi

Authors

  • Muktar Bahruddin Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Andriono Manalu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Ady Frenly Simanullang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3801

Abstract

Pada pengabdian yang dilakukan Kepada masyarakat Kegiatan sosialisasi dan pelatihan di SD Negeri 091488 Pematangsiantar bertujuan untuk memberikan informasi kepada guru terkait aplikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebagai implementasi kurikulum merdeka belajar sehingga kegiatan pembelajaran termasuk saat evaluasi menjadi lebih praktis, efektif dan menarik. Kagiatan sosialisasi dan pendampingan ini juga diharapkan agar guru mampu Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka bagi guru IPA di kelas Tinggi  dan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan pengabdian masyarakat di SD Negeri 091488 Pematang Siantar berjalan dengan baik, guru — guru terlihat antusias dan responsif selama mengikuti kegiatan. Para peserta pelatihan menunjukkan Antusias dan keseriusan selama kegiatan pelatihan berlangsung. Dalam kegiatan pelatihan juga diadakan sesi tanya jawab sehingga membuat suasana pelatihan menjadi semakin interaktif. Hasil pengabdian masyarakat kepada 20 Guru SD diperoleh dari umpan balik peserta pelatihan yang menunjukkan bahwa dengan adanya sosialisasi tersebut maka 85% Guru Sangat Paham dan 5% Kurang Paham karena guru tersebut sudah diambang batas pensiun dan kurangnya pelatihan implementasi kurikulum  yang diadakan sekolah bagi guru IPA di kelas Tinggi.

Keywords:

Implementasi, IPA, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 300
Downloads Count: 318

Published

2023-01-15

How to Cite

Panjaitan, M. B., Manalu, A., & Simanullang, A. F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru IPA Di Kelas Tinggi . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 416–421. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3801

Issue

Section

Articles