Penerapan Pendidikan Hijau dalam Pembelajaran STEM bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten

Authors

  • Danar Susilo Wijayanto Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Indah Widiastuti Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Cucuk Wawan Budiyanto Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Taufik Wisnu Saputra Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Towip Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Maimunah Sekolah Dasar Negeri 1 Ngreden, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Indonesia
  • Handang Kurniawan Sekolah Dasar Negeri 1 Ngreden, Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.3654

Abstract

Kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk meningkatkan pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) di sekolah dasar di Kabupaten Klaten melalui konsep engineering design dan eksperimen. STEM diarahkan sebagai pembelajaran terintegrasi antara beberapa bidang ilmu, terutama terkait matematika, sains (fisika, kimia, biologi dan ilmu lingkungan) serta IT (Information Technology). Pembelajaran dilakukan dengan mengenalkan beberapa teknologi yang menggunakan sumber energi angin. Kegiatan engineering design process dilakukan melalui modul dan kegiatan pembelajaran melalui: (1) memahami konteks permasalahan; (2) melakukan eksplorasi mengenai bentuk dan jenis turbin yang mampu menangkap energi angin; dan (3) melakukan eksperimen turbin angin. Modul pembelajaran dibuat tim pengabdi bersama guru. Guru memberikan pendampingan kepada peserta didik selama pelaksanaan kegiatan. Peserta didik didorong untuk menggunakan kemampuan STEM dalam eksperimen turbin angin. Pada akhir kegiatan diharapkan diperoleh luaran berupa modul pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan berbasis lingkungan hidup pada pembelajaran STEM

Keywords:

Pendidikan hijau, pendidikan energi terbarukan, STEM, turbin angin, media pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 189
Downloads Count: 265

Published

2024-01-02

How to Cite

Wijayanto, D. S., Widiastuti, I., Budiyanto, C. W., Saputra, T. W., Towip, T., Maimunah, M., & Kurniawan, H. (2024). Penerapan Pendidikan Hijau dalam Pembelajaran STEM bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Klaten. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.3654

Issue

Section

Articles