Penerapan IEP (Individualized Education Program) dengan Pendekatan Multisensori sebagai Wujud Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Siswa Sekolah Dasar Inklusi

Authors

  • Trimurtini Universitas Negeri Semarang
  • Fatma Kusuma Mahanani Universitas Negeri Semarang
  • Kurniana Bektiningsih Universitas Negeri Semarang
  • Nugraheti Sismulyasih SB Universitas Negeri Semarang
  • Nursiwi Nugraheni Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3616

Abstract

Permasalahan penting yang dihadapi sekolah inklusi adalah belum banyak pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran untuk melayani PDBK (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus), belum mengoptimalkan potensi yang dimiliki PDBK. Tantangan bertambah pada saat sekolah diharapkan mendukung implementasi kurikulum merdeka dengan pengembanagn pembelajaran berdiferensiasi.  Tujuannya agar guru kelas memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memdai untuk merancang IEP bagi PDBK dengan mengimplementasikan pendekatan mutlisensori. Pelaksanaan kegiatan yang dilakuakn dalam 4 tahap yang mengadopsi pendekatan OL (Organizational Learning), yaitu sosialisasi, eksternalisasi, kombinasi, dan internalisasi. Dimana keempat tahap tersebut dibangun dalam 4 blok bangunan OL. Hasil yang dicapai meliputi: (1) pengetahuan guru tentang IEP dan pembelajaran berdiferensiasi, pendekatan multisensori dan membaca permulaan mencapai 77,8 kategori cukup baik, (2) dihasilkan dan diimplementasikan rancangan IEP bagi PDBK, dari 3 guru kelas mencapai kategori baik. Simpulan dari kegiatan ini adalah IEP dengan pendekatan multisensori dapat membantu guru kelas mewujudkan pelayanan yang optimal bagi PDBK berkesulitan membaca di SD inklusi.

Keywords:

IEP, membaca permulaan, pembelajaran berdiferensiasi, pendekatan multisensori

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1309
Downloads Count: 1078

Published

2023-01-24

How to Cite

Trimurtini, Fatma Kusuma Mahanani, Kurniana Bektiningsih, Nugraheti Sismulyasih SB, & Nursiwi Nugraheni. (2023). Penerapan IEP (Individualized Education Program) dengan Pendekatan Multisensori sebagai Wujud Pembelajaran Berdiferensiasi bagi Siswa Sekolah Dasar Inklusi. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 696–704. https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3616

Issue

Section

Articles