SOSIALISASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI JENJANG SEKOLAH DASAR DI SD AL-ISLAM 2 JAMSAREN SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3483Abstract
Abstrak
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai kurikulum merdeka belajar untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila di jenjang sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Kegiatan dilaksanakan sesuai dengan rencana dan diikuti oleh 22 peserta yang terdiri dari guru-guru di SD Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. Metode yang digunakan adalah sosialisasi oleh pemateri. Pemateri menjelaskan secara menyeluruh tentang Merdeka Belajar dan bagaimana profil pelajar pancasila kemudian melakukan pendampingan dalam menyusun dan memetakan kurikulum yang dapat diambil dan ditempuh untuk menyambut Merdeka Belajar. Hadirnya Kurikulum Merdeka menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Dalam Kurikulum Merdeka, siswa tidak hanya dibentuk menjadi cerdas. Namun, juga berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau yang disebut sebagai wujud Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.
Kata Kunci: merdeka belajar, profil pelajar pancasila
Keywords:
merdeka belajar, profil pelajar pancasilaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Eny Kusumawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work