Digital Merketing sebagai upaya strategi marketing UMKM keripik kemplang di Desa Mangkujajar Kabupaten Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3238Abstract
Keripik kemplang merupakan makanan ringan yang banyak dijual oleh masyarakat Desa Mangkujajar. Namun usaha tersebut belum diolah dengan maksimal terutama dalam hal pemasarannya di era digital. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi dan ketarampilan berwirausaha di era digital kepada masyarakat. Marketing digital bisa digunakan sebagai alternatif pemasaran UMKM keripik kemplang. Kegiatan ini dilaksanakan agar UMKM mampu untuk meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang. Salah satunya adalah dengan menerapkan digital marketing sebagai penunjang kegiatan usahanya. Digital marketing adalah sebuah produk teknologi informasi dimana berupa kegiatan mempromosikan produk dan atau jasa melalui media internet. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode observasi dan wawancara dan pelaksanaan kegiatannya dilakukan dengan mengadakan sosialiasasi. Kesimpulan dari pengabdaina ini bahwa akan dilakukan pendampingan dalam hal kewirausahaan dan digital marketing dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Kata Kunci: Digital Marketing, Strategi Pemasaran, Usaha Mikro Kecil Menengah
Keripik kemplang merupakan makanan ringan yang banyak dijual oleh masyarakat Desa Mangkujajar. Namun usaha tersebut belum diolah dengan maksimal terutama dalam hal pemasarannya di era digital. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat, motivasi dan ketarampilan berwirausaha di era digital kepada masyarakat. Marketing digital bisa digunakan sebagai alternatif pemasaran UMKM keripik kemplang. Kegiatan ini dilaksanakan agar UMKM mampu untuk meningkatkan daya saingnya agar dapat terus berjalan dan berkembang. Salah satunya adalah dengan menerapkan digital marketing sebagai penunjang kegiatan usahanya. Digital marketing adalah sebuah produk teknologi informasi dimana berupa kegiatan mempromosikan produk dan atau jasa melalui media internet. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode observasi dan wawancara dan pelaksanaan kegiatannya dilakukan dengan mengadakan sosialiasasi. Kesimpulan dari pengabdaina ini bahwa akan dilakukan pendampingan dalam hal kewirausahaan dan digital marketing dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Kata Kunci: Digital Marketing, Strategi Pemasaran, Usaha Mikro Kecil Menengah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sani Rusminah, Evi Yulia, Ruswaji, Dicafatikha Rizqi, Bagus Subiantoro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work