BIMBINGAN KONSELING KARIR UNTUK ANGGOTA KARANG TARUNA KABUPATEN MAJALENGKA

  • Yucky Putri Erdiyanti Universitas Majalengka
  • Titih Nurhaipah Universitas Majalengka
Keywords: bimbingan dan konseling, karir, karang taruna

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahunan dan arahan mengenai pilihan karir anggota karang taruna. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Aula Dinas Sosial Kabupaten Majalengka. Materi yang disampaikan pada pengarahan ini adalah tentang bimbingan konseling karir bagi anggota karang taruna. Jumlah peserta seminar sebanyak 91 peserta.

Orientasi layanan bimbingan konseling karir membantu masyarakat khususnya pemuda dan   pemudi   dalam   kehidupan   berkarir   atau   bekerja.   Bimbingan   konseling  karir merupakan     modal   landasan     konseptual     yang   dapat   dijadikan     mediator     guna memfasilitasi keberlangsungan masyarakat dalam berkarir atau bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya. Pemuda pemudi yang tergabung dalam kegiatan karang taruna memiliki peran penting dalam memajukan daerah tempat tinggalnya. Pentingnya     peran konselor   dalam   memberikan   bimbingan   konseling   karir berlandaskan kegiatan karang taruna, disesuaikam dengan keadaan masyarakat atau pemuda pemudi yang memiliki cita- cita dan keinginan  untuk  maju  dalam berkarir ataupun  bekerja.  Konselor  harus mampu secara professional dalam memberikan bimbingan konseling karir kepada masyarakat berlandaskan kegiatan karang taruna di Kabupaten Majalengka. Luaran dari kegiatan ini berupa jurnal pengabdian dan publis di media cetak.

Published
2020-07-23
How to Cite
Putri Erdiyanti, Y., & Nurhaipah, T. (2020). BIMBINGAN KONSELING KARIR UNTUK ANGGOTA KARANG TARUNA KABUPATEN MAJALENGKA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 232-240. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.321
Section
Articles