PELATIHAN BAHASA INGGRIS PERHOTELAN UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI KOMUNIKASI KARYAWAN

Authors

  • Hastri Firharmawan UMNU Kebumen
  • Hellaisna Nuraini Garwan UMNU Kebumen
  • Endah Mitsalina UMNU Kebumen
  • Atik Muhimatun Asroriyah UMNU Kebumen
  • Dwi Heriyanto UMNU Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2909

Keywords:

Hospitality, Competence, Communication

Abstract

Peningkatan mutu layanan merupakan salah satu faktor penunjang untuk memenangkan persaingan global yang semakin kompetitif di dunia perhotelan. Keterampilan komunikasi, khususnya berbicara menjadi tuntutan agar sebuah hotel memiliki citra yang baik di hadapan konsumen. Namun demikian, tidak semua hotel memiliki sumber daya manusia yang memiliki kemampuan komunikasi wicara yang cakap. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris, khususnya keterampilan berbicara bagi karyawan di hotel Mexolie, Kebumen. Metode pelatihan dilakukan dengan cara ceramah, demonstrasi, dan role playing. Tema pelatihan mencakup layanan perhotelan and penanganan keluhan. Peserta pelatihan terdiri atas 10 orang karyawan dari departemen front office dan house keeping. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan karyawan dalam keterampilan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata nilai pretes yaitu 58.8 sedangkan nilai rata-rata postes diperoleh 75.6. Pelatihan ini telah berjalan efektif karena dapat meningkatkan kompetensi komunikasi karyawan hotel Mexolie, Kebumen sehingga mendukung peningkatan profesionalitas pelaksanaan tugas sehari-hari di tempat kerja. Sebagai tindak lanjut, disarankan agar pihak hotel dapat mengadakan English zone untuk membiasakan karyawan menggunakan bahasa Inggris di lingkungan kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Firharmawan, H., Nuraini Garwan, H., Mitsalina, E., Muhimatun Asroriyah, A., & Heriyanto, D. (2022). PELATIHAN BAHASA INGGRIS PERHOTELAN UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI KOMUNIKASI KARYAWAN . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 355–363. https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2909

Issue

Section

Articles