PELATIHAN BAHASA INGGRIS PERHOTELAN UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI KOMUNIKASI KARYAWAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v3i3.2909Abstract
Peningkatan mutu layanan merupakan salah satu faktor penunjang untuk memenangkan persaingan global yang semakin kompetitif di dunia perhotelan. Keterampilan komunikasi, khususnya berbicara menjadi tuntutan agar sebuah hotel memiliki citra yang baik di hadapan konsumen. Namun demikian, tidak semua hotel memiliki sumber daya manusia yang memiliki kemampuan komunikasi wicara yang cakap. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris, khususnya keterampilan berbicara bagi karyawan di hotel Mexolie, Kebumen. Metode pelatihan dilakukan dengan cara ceramah, demonstrasi, dan role playing. Tema pelatihan mencakup layanan perhotelan and penanganan keluhan. Peserta pelatihan terdiri atas 10 orang karyawan dari departemen front office dan house keeping. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan karyawan dalam keterampilan berbicara menggunakan bahasa Inggris. Hal ini diketahui dari hasil rata-rata nilai pretes yaitu 58.8 sedangkan nilai rata-rata postes diperoleh 75.6. Pelatihan ini telah berjalan efektif karena dapat meningkatkan kompetensi komunikasi karyawan hotel Mexolie, Kebumen sehingga mendukung peningkatan profesionalitas pelaksanaan tugas sehari-hari di tempat kerja. Sebagai tindak lanjut, disarankan agar pihak hotel dapat mengadakan English zone untuk membiasakan karyawan menggunakan bahasa Inggris di lingkungan kerja.
Keywords:
Hospitality, Competence, CommunicationDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hastri Firharmawan, Hellaisna Nuraini Garwan, Endah Mitsalina, Atik Muhimatun Asroriyah, Dwi Heriyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work