PELATIHAN PENGOLAHAN DATA BERDASARKAN STUDI KASUS UNTUK TENAGA PENDIDIK

Authors

  • Diah Ayu Novitasari Universitas Islam Lamongan
  • Luluk Nur Azizah Universitas Islam Lamongan
  • Rivatul Ridho Elvierayani Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2415

Abstract

Salah satu hal yang menjadi kendala seorang tenaga pendidik baik Dosen maupun guru saat akan melakukan sebuah penelitian adalah pengolahan data hasil dari suatu penelitian. Kurangnya ilmu tentang pengolahan data ini membuat para tenaga pendidik menjadi malas atau kurang berminat untuk mengembangkan dan juga melakukan penelitian. Alasan inilah yang menjadi dasar penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul pelatihan pengolahan data berdasarkan studi kasus untuk tenaga pendidik. Mayoritas bidang keilmuan peserta adalah sosial humaniora, ekonomi dan manajemen. Analisis data yang sering digunakan oleh peserta adalah Regresi linear berganda dan korelasi. Berdasarkan hasil pengisian kuisioner sebelum dan sesudah pelatihan, didapatkan kesimpulan bahwa peserta pelatihan memiliki rata-rata kemampuan menganalisis data yang berbeda antara sebelum dan sesudah pelatihan. Perbedaan ini mengarah ke arah yang lebih baik dibuktikan dengan kemampuan peserta yang semakin baik ketika diminta praktik untuk menganalisis data dalam sebuah studi kasus. Hal ini menjadi salah satu keberhasilan yang berhasil dicapai oleh pelatihan pengolahan data berdasarkan studi kasus.

Keywords:

Pengolahan Data, Studi Kasus, Penelitian, Tenaga Pendidik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 296
Downloads Count: 171

Published

2022-05-31

How to Cite

Novitasari, D. A. ., Azizah, L. N. ., & Elvierayani, R. R. . (2022). PELATIHAN PENGOLAHAN DATA BERDASARKAN STUDI KASUS UNTUK TENAGA PENDIDIK. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 270–274. https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2415

Issue

Section

Articles