PELATIHAN PENGOLAHAN DATA BERDASARKAN STUDI KASUS UNTUK TENAGA PENDIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2415Abstract
Salah satu hal yang menjadi kendala seorang tenaga pendidik baik Dosen maupun guru saat akan melakukan sebuah penelitian adalah pengolahan data hasil dari suatu penelitian. Kurangnya ilmu tentang pengolahan data ini membuat para tenaga pendidik menjadi malas atau kurang berminat untuk mengembangkan dan juga melakukan penelitian. Alasan inilah yang menjadi dasar penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul pelatihan pengolahan data berdasarkan studi kasus untuk tenaga pendidik. Mayoritas bidang keilmuan peserta adalah sosial humaniora, ekonomi dan manajemen. Analisis data yang sering digunakan oleh peserta adalah Regresi linear berganda dan korelasi. Berdasarkan hasil pengisian kuisioner sebelum dan sesudah pelatihan, didapatkan kesimpulan bahwa peserta pelatihan memiliki rata-rata kemampuan menganalisis data yang berbeda antara sebelum dan sesudah pelatihan. Perbedaan ini mengarah ke arah yang lebih baik dibuktikan dengan kemampuan peserta yang semakin baik ketika diminta praktik untuk menganalisis data dalam sebuah studi kasus. Hal ini menjadi salah satu keberhasilan yang berhasil dicapai oleh pelatihan pengolahan data berdasarkan studi kasus.
Keywords:
Pengolahan Data, Studi Kasus, Penelitian, Tenaga PendidikDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work