PENDAMPINGAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Authors

  • Anton Nasrullah Universitas Bina Bangsa
  • Mira Marlina Universitas Bina Bangsa
  • Beni Junedi Universitas Bina Bangsa
  • Titin Mastinah Universitas Bina Bangsa
  • Chika Yechia Cahya Universitas Bina Bangsa
  • Harry Qurba STIH Painan

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2212

Abstract

Penyebaran Covid-19 menjadi ancaman bagi aspek kehidupan, termasuk sektor pendidikan, dimana pembelajaran tatap muka (tradisional) digantikan oleh pembelajaran jarak jauh. Beberapa sekolah sudah siap menerapkan pembelajaran jarak jauh, sementara banyak sekolah yang belum siap karena belum terbiasa menggunakan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan pendampingan dalam mengembangkan bahan ajar digital untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh melalui platform pembelajaran jarak jauh software Camtasia. Camtasia dipilih karena sangat efisien, praktis, dan mudah digunakan. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan secara tatap muka untuk membantu bahan ajar digital memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Peserta berjumlah 10 orang, diikuti oleh guru-guru di SDN Buah Gede 1, dan beberapa guru SD dari Desa Argawana, Kecamatan Puloampel, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Berdasarkan pelaksanaan pendampingan pembuatan bahan ajar digital untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, rata-rata semua item adalah 83,6%. Hal ini menunjukkan bahwa peserta dapat membuat dan menerapkan bahan ajar digital melalui software Camtasia untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Keywords:

Bahan ajar digital, pembelajaran jarak jauh, Camtasia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 148
Downloads Count: 181

Published

2022-05-27

How to Cite

Nasrullah, A., Marlina, M., Junedi, B., Mastinah, T. ., Cahya , C. Y. ., & Qurba, H. . (2022). PENDAMPINGAN PEMBUATAN BAHAN AJAR DIGITAL UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN JARAK JAUH . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 220–226. https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2212

Issue

Section

Articles