PENINGKATAN PENGETAHUAN MAHASISWA KEDOKTERAN TINGKAT 3 UPNVJ DALAM MENCEGAH STUNTING SELAMA KEHAMILAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1607Abstract
Latar Belakang: Stunting di mulai dari dalam Rahim (11.2%), antara lahir hingga 2 tahun (60.6%), dan pada usia 2- 5 tahun (28%). Stunting merupakan proses kumulatif kekurangan nutrisi. Kondisi stunting akan mengganggu perkembangan fisik dan kognitif anak, keterlambatan perkembangan mental, serta penurunan kualitas belajar di sekolah. Survey pada mahasiswa tingkat 3 fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta ditemukan webinar dengan topik kehamilan hubungannya dengan nutrisi ibu hamil dan stunting, belum pernah dilakukan. Tujuan melakukan Webinar pada mahasiswa adalah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tingkat 3 kedokteran UPNVJ mengenai kehamilan dan hubungannya dengan stunting serta nutrisi ibu hamil. Pemenuhan nutrisi yang tepat selama kehamilan dapat meningkatkan status gizi ibu hamil dan mencegah stunting 270 HPK. Kesimpulan Peserta webinar berjenis kelamin laki laki 22 % dan perempuan 88 %. Menurut peserta webinar, Pelaksanaan webinar perlu dilakukan secara rutinas 92 % dan menolak rutinitas 8 %. Pelaksanaan webinar bermanfaat bagi mahasiswa kedokteran tingkat 3 Upn Veteran Jakarta 100 %. Webinar dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa kedokteran dari 65 % menjadi 72 %
Keywords:
stunting 270 HPK, ibu hamil, malnutrisi, pencegahan, webinarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work