Upaya Pengembangan Minat Bakat dalam Pembentukan Potensi Siswa MTSS Ma’arif Al Bajuri Ponorogo

Authors

  • Alfan Rumasukun Universitas Darussalam Gontor
  • Syamsuddin Arif Universitas Darussalam Gontor
  • Yusuf Al Manaanu Universitas Darussalam Gontor
  • Teguh Eka Prasetya Universitas Darussalam Gontor
  • Adiaksa Ihwan Universitas Darussalam Gontor
  • Ridwan Cheyeng
  • Sinatria Muslim Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12998

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi belajar siswa MTSS Ma’arif Al Bajuri melalui pemetaan minat dan bakat. Berbagai perbedaan dalam gaya belajar, minat, dan motivasi menyebabkan kesulitan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk memahami karakteristik individu siswa agar dapat memberikan dukungan yang tepat. Program yang ditawarkan melibatkan kegiatan ekstrakurikuler seperti Kepramukaan, Desain Grafis, Kecakapan Berbicara, dan Puisi, serta program pembelajaran Bahasa Arab berbasis Mubaasyir untuk santri pondok pesantren. Tahapan pelaksanaan dimulai dengan perencanaan, diikuti dengan pengenalan minat dan bakat, serta evaluasi berkala untuk menilai perkembangan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan keterampilan dan motivasi siswa, serta membuka wawasan baru mengenai pentingnya pengembangan diri. Program ini diharapkan dapat menjadi model bagi lembaga pendidikan lain untuk mengintegrasikan pengembangan minat dan bakat dalam kurikulum mereka.

Keywords:

Minat dan Bakat, Potensi Siswa, Ekstrakurikuler, Evaluasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 11
Downloads Count: 12

Published

2025-04-17

How to Cite

Rumasukun, A., Syamsuddin Arif, Yusuf Al Manaanu, Teguh Eka Prasetya, Adiaksa Ihwan, Ridwan Cheyeng, & Sinatria Muslim. (2025). Upaya Pengembangan Minat Bakat dalam Pembentukan Potensi Siswa MTSS Ma’arif Al Bajuri Ponorogo. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1290–1297. https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.12998

Issue

Section

Articles